Beranda » Belajar Agama Islam » Wakaf Tunai Di Yayasan Rahmatan Lil Alamin Jak-Tim

Wakaf Tunai Di Yayasan Rahmatan Lil Alamin Jak-Tim

T Diposting oleh pada 25 March 2016
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 311 kali

Pengertian & Hukum Wakaf Tunai Menurut Para Ulama

Sejak awal, perbincangan tentang wakaf kerap diarahkan kepada wakaf benda tidak bergerak sepert tanah, bangunan, pohon untuk diambil buahnya dan sumur untuk diambil airnya, sedang wakaf benda yang bergerak baru mengemuka belakangan.

Di antara wakaf benda bergerak yang ramai diperbincangkan belakangan adalah wakaf yang dikenal dengan istilah cash wakaf. Cash wakaf diterjemahkan dengan wakaf tunai, namun kalau menilik obyek wakafnya, yaitu uang, lebih tepat kiranya kalau cash wakaf diterjemahkan dengan wakaf uang.

Wakaf tunai adalah wakaf yang dilakukan seseorang, kelompok orang, dan lembaga atau badan hukum dalam bentuk uang tunai. Juga termasuk kedalam pengertian uang adalah surat-surat berharga, seperti saham, cek dan lainnya.

Hukum wakaf tunai telah menjadi perhatian para fuqaha’. Beberapa sumber menyebutkan bahwa wakaf uang telah dipraktikkan oleh masyarakat yang menganut madzhab Hanafi. Terdapat perbedaan pendapat mengenai hukum wakaf tunai. Imam Az-Zuhri, salah seorang ulama terkemuka dan peletak dasar kodifikasi hadits (tadwin al-hadits) mengeluarkan fatwa yang berisi anjuran melakukan wakaf dinar dan dirham untuk pembangunan sarana dakwah, sosial, dan pendidikan umat Islam. Adapun caranya adalah dengan menjadikan uang tersebut sebagai modal usaha kemudian menyalurkan keuntungannya sebagai wakaf.

Yuk Berwakaf

Wahbah az-Zuhaili juga mengungkapkan bahwa madzhab Hanafi membolehkan wakaf tunai atas dasar Istihsan bi al-‘Urfi, karena sudah banyak masyarakat yang melakukannya. Madzhab Hanafi memang berpendapat bahwa hukum yang ditetapkan berdasarkan ‘urf (adat kebiasaan) mempunyai kekuatan yang sama dengan hukum yang ditetapkan berdasarkan nash (teks). Dasar argumentasi madzhab Hanafi adalah hadis yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Ma’ud, r.a:

فما رأى المسلمون حسنا فهو عند الله حسن و ما رأوا سيئا فهو عند الله سيئ
“Apa yang dipandang baik oleh kaum Muslimin, maka dalam pandangan Allah adalah baik, dan apa yang dipandang buruk oleh kaum Muslimin maka dalam pandangan Allah pun buruk”.

Sedangkan Ibn Abidin mengemukakan bahwa wakaf tunai yang dikatakan merupakan kebiasaan yang berlaku di masyarakat adalah kebiasaan yang berlaku di wilayah Romawi, sedangkan di negeri lain wakaf tunai bukan merupakan kebiasaan. Karena itu Ibn Abidin berpandangan bahwa wakaf tunai tidak boleh atau tidak sah. Yang juga berpandangan bahwa wakaf tunai adalah madzhab Syafi’i. Menurut Al-Bakri, madzhab Syafi’i tidak membolehkan wakaf tunai, karena dinar dan dirham (uang) akan lenyap ketika dibayarkan sehingga tidak ada lagi wujudnya.

Dari beberapa penjelasan di atas, secara ringkas dapat disimpulkan bahwa ulama yang membolehkan wakaf dengan uang tunai beralasan dengan:
a) Pendapat Imam Az-Zuhri yang menyatakan bahwa mewakafkan dinar hukumnya boleh, dengan cara menjadikan dinar tersebut sebagai modal usaha kemudian keuntungannya disalurkan pada mauquf ‘alaih.
b) Mutaqaddimin dari ulama madzhab Hanafi membolehkan wakaf uang dinar dan dirham atas dasar istihsan bi al-‘urfi berdasarkan atsar Abdullah bin Mas’ud r.a “Apa yang dipandang baik oleh kaum muslimin maka dalam pandangan Allah adalah baik, dan apa yang dipandang buruk oleh kaum muslimin maka dalam pandangan Allah pun buruk”.

Jika di dalam Hadist, Rasulullah S.A.W. bersabda: “Aku dan orang-orang yang mengasuh/menyantuni anak yatim di Surga seperti ini”, Kemudian beliau memberi isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah seraya sedikit merenggangkannya. [HR. Bukhori]. Bagaimana dengan Wakaf Asrama Yatim? Yang setiap harinya nanti, akan digunakan untuk ibadahnya mereka.

Di Yayasan Rahmatan Lil Alamin sudah ada program Wakaf Asrama Yatim. Untuk para Muwakif seluruh dunia, dengan lapang tangan kami siap menerima serta merealisasikan Wakaf yang Anda keluarkan, untuk Pembangunan  Asrama Yatim Yayasan Rahmatan Lil Alamin Jakarta Timur. Silahkan kunjungi Program Wakaf Asrama Yatim di website ini.

Inilah saatnya untuk tetap berlomba-lomba dalam kebaikan mewujudkan wakaf asrama yatim , tunggu apalagi?

 

Belum ada Komentar untuk Wakaf Tunai Di Yayasan Rahmatan Lil Alamin Jak-Tim

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Wakaf Tunai Di Yayasan Rahmatan Lil Alamin Jak-Tim

Cek kesehatan gigi anak yatim (2)

Undangan Peringatan Milad Yayasan

T 12 March 2015 F A Sekretariat Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

UNDANGAN Assalamu’alaikum Wr. Wb. Puji syukur senantiasa kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat Iman dan Islam. Semoga kita selalu dalam kondisi sehat wal’afiat dan semoga apa yang kita usahakan mendapatkan kelancaran dan keridhoan-Nya. Aamiin. Dalam rangka... Selengkapnya

world plumbing day

Peringatan Hari Pipa Dunia Di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

T 9 March 2014 F , A Sekretariat Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Hari Pipa Dunia atau World Plumbing Day diperingati diseluruh dunia setiap tanggal 11 Maret. Di Indonesia Hari Pipa ini belum memasyarakat. Namun di luar negeri secara umum masyarakat sudah mengenalnya. Kita coba mengenali mengenai Hari Pipa Dunia ini, tentang selak... Selengkapnya

doa,,,

Kisah Kekuatan Doa Anak Yatim

T 21 December 2015 F A admin web-1

Kekuatan Doa Anak Yatim  yang Telah Menyelamatkan Hidupku Belum lama ini aku dikejutkan oleh sebuah kenyataan yang membuatku semakin tersadar akan kebesaran Allah. Baru Minggu lalu tiba – tiba suamiku bercerita mengenai keberkahan pada saat itu. Pada saat aku menderita... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kesekretariatan kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasakami.

Foreign Visitor

Flag Counter

Kunjungan Hari Ini

Kreasi Cipta Yatim

Slideshow