Beranda » Belajar Agama Islam » Tidak Sombong Dalam Keadaan Apapun

Tidak Sombong Dalam Keadaan Apapun

T Diposting oleh pada 21 December 2015
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 772 kali

Sombong adalah penyakit yang sering menghinggapi kita semua, benih-benihnya kerap muncul tanpa kita sadari.

Di tingkat pertama,
Sombong disebabkan oleh faktor materi. Kita merasa lebih kaya, lebih rupawan, dan lebih terhormat daripada orang lain.

Di tingkat kedua,
Sombong disebabkan oleh faktor kecerdasan. Kita merasa lebih pintar, lebih kompeten, dan lebih berwawasan dibandingkan orang lain.

Di tingkat ketiga,
Sombong disebabkan oleh faktor kebaikan. Kita sering menganggap diri kita lebih bermoral, lebih pemurah, dan lebih tulus dibandingkan dengan orang lain.

Yang menarik,
Semakin tinggi tingkat kesombongan,
Semakin sulit pula kita mendeteksinya.

 

Sombong karena materi sangat mudah terlihat, namun sombong karena pengetahuan, apalagi sombong karena kebaikan, sulit terdeteksi karena seringkali hanya berbentuk benih-benih halus di dalam batin kita.

Cobalah setiap hari, kita memeriksa batin kita, pikiran kita.

Kita ini manusia hanya seperti debu, yang suatu saat akan hilang dan lenyap, meninggal.

 

sombong

 

SYURGA BAGI ORANG – ORANG TIDAK SOMBONG

Allah subhanahu wa ta’ala menyebutkan bahwa alam akhirat dan segala kenikmatannya yang tidak pernah berakhir, diperuntukkan bagi hamba-hamba-Nya yang mukmin, yang tidak ingin merasa tinggi diri dan lebih mulia di hadapan makhluk lainnya. Mereka inilah yang telah Allahsubhanahu wa ta’ala tanamkan kemuliaan dan ketawadhu’an di dalam sanubari mereka, dan Allah subhanahu wa ta’ala sediakan untuk mereka syurga Firdaus yang indah dan tidak pernah terbayangkan kenikmatannya. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

 

    “Negeri akhirat itu, Kami jadikan untuk orang-orang tidak ingin menyombongkan diri dan berbuat kerusakaan di muka bumi. Dan kesudahan yang baik itu adalah bagi orang-orang yang bertakwa.” (Al-Qashash, 28: 83)

TAWADHU’ – DIANGKAT DARJATNYA OLEH ALLAH

Seorang yang tawadhu’ bukan bererti hina di hadapan manusia, bahkan dengan akhlak ini seseorang diangkat derajatnya oleh Allah subhanahu wa ta’ala, sehingga setiap kali bertambah ketawadhu’an seorang hamba niscaya bertambah pula derjatnya. Inilah janji Allah subhanahu wa ta’ala yang disampaikan Rasulullah salallahu ‘alihi wasallam dalam sabda beliau:

    “Dan tidak ada seorang pun dari kalian yang tawadhu’ karena Allah, kecuali pasti Allah mengangkat darjatnya.” (HR. Muslim)

Dalam hadithh yang shahih Rasulullah salallahu ‘alihi wasallam telah berpesan agar kaum muslimin berakhlak tawadhu’ dan tidak saling menyombongkan diri, beliau bersabda:

    “Sesungguhnya Allah telah mewahyukan kepadaku agar hendaknya kalian tawadhu’, sehingga tidak ada yang saling menyombongkan dirinya dari lainnya dan tidak ada yang mendzalimi satu dengan lainnya.” (HR. Muslim)

KESOMBONGAN MENOLAK SYARIAH ALLAH

Sementara itu, dalam skala yang lebih luas, kesombongan dan ketakaburan itu sangat tampak dalam perilaku manusia yang bukan saja tidak mau diatur oleh syariah Allah subhanahu wa ta’ala, tetapi bahkan menolak dan mengingkari syariah itu sendiri.

‘Alla kulli hâl, selayaknya manusia-manusia yang sombong dan takabur takut terhadap ancaman Allah subhanahu wa ta’ala berikut ini (yang artinya):

    Orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan menyombongkan diri terhadapnya adalah para penghuni neraka. Mereka kekal di dalamnya. (QS al-A‘raf, 7: 36)

TIDAK AKAN MASUK SYURGA ORANG YANG SOMBONG

Sebagai akhir pembahasan, penulis nukilkan untuk pembaca hadith Rasulullah salallhu ‘alihi wasallam yang berbunyi:

    “Tidak akan masuk syurga siapa saja yang di dalam hatinya ada seberat biji sawi dari kesombongan.” (HR. Muslim dan lainnya)

Sebagaimana yang kita ketahui dari kisah Iblis bersama dengan Adam, kesombongan dapat mendorong kepada penolakan terhadap perintah Allah subhanahu wa ta’ala. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

    “Berkata Iblis: ‘Aku sekali-kali tidak akan sujud kepada manusia yang Engkau telah menciptakannya dari tanah liat kering (yang berasal dari) lumpur hitam yang diberi bentuk.'” (Al-Hijr: 33)
    “Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olokkan) lebih baik dari mereka yang mengolok-olok, dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olok) wanita-wanita lain (karena) boleh jadi wanita (yang diolok-olokkan) lebih baik dari wanita (mengolok-olok).” (Al-Hujurat:11)
      Wallahu a’lam

Belum ada Komentar untuk Tidak Sombong Dalam Keadaan Apapun

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Tidak Sombong Dalam Keadaan Apapun

Pembagian Daging Qurban Kepada Anak Yatim & Dhuafa

QURBAN 1436 H Di YRLA-JT

T 26 September 2015 F , A admin web-1

Ibadah Qurban yang diperintahkan kepada umat nabi Muhammad SAW adalah ibadah yang mengacu kepada sejarah qurbannya nabi Ibrahim AS. Perintah mengorbankan anak yang dicintainya, nabi Ismail AS sebagai bukti kecintaan dan ketaatan kepada Allah SWt. Oleh karenanya, pelaksanaan ibadah qurban... Selengkapnya

hatii

Hati yang Keras dan Lalai

T 13 December 2015 F A admin web-1

Waspadalah dari hati yang keras (qoswah)!. Yakni kerasnya hati dan membeku sehingga nasihat pun tidak berpengaruh. Jika kematian disebut, ia tak merasa takut atau ngeri, begitu pula jika mendengar janji-janji Allah dan ancaman tentang keadaan akhirat. Rasulullah SAW juga bersabda,... Selengkapnya

selamat datang bulan ramadhan

Selamat Datang Bulan Ramadhan – Bulan Penuh Berkah

T 28 June 2014 F A Sekretariat Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Marhaban Ya Syahru Romadhon – Marhaban Syahro Shiyami. Marhaban Ya Syahru Romadhon – Marhaban Syahrul Qiyami. Selamat datang bulan Romadhon – Selamat datang bulan Puasa, selamat datang bulan Romadhon – selamat datang bulan Kebangkitan. Kedatangan bulan Romadhon sangat dinantikan oleh... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kesekretariatan kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasakami.

Foreign Visitor

Flag Counter

Kunjungan Hari Ini

Kreasi Cipta Yatim

Slideshow