Beranda » Tentang Kami » Kampung Harapan

Kampung Harapan

Berangkat dari kondisi Indonesia hari ini, yang penuh dengan rasa pesimisme, kecintaan pada tanah air yang makin merosot, nilai-nilai spiritual yang semakin luntur, anarkhi di mana-mana, di mana semua berangkat dari kebebasan mengatasnamakan reformasi. Kebebasan inilah yang akhirnya menjerumuskan kondisi kita pada hari ini.

Kita boleh belajar dari nilai-nilai positif di masa Orde Baru, di mana Indonesia bisa disebut sebagai Macan Asia Baru, Indonesia menjadi salah negara yang kuat dalam bidang ekonomi. Pokok kekuatannya adalah mayoritas masyarakat Indonesia yang ada di pedesaan. Dari sinilah pembangunan ekonomi ini diwujudkan. Sehingga proyek pembangunan masyarakat pada saat itu berorientasi pada pembangunan masyarakat pedesaan.

Untuk pembangunan ekonomi ada Koperasi Unit Desa (KUD), meningkatkan ketrampilan ibu-ibu dibuatkan program Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK), meningkatkan kualitas petani dan nelayan dibuatkan program KELOMPENCAPIR (Kelompok Pendengar, Pembaca, dan Pemirsa), untuk program pertahanan keamanan lingkungan dibuatkan program Siskamling dan AMD (ABRI Masuk Desa), untuk meningkatkan program pendidikan dibuatkan SD Inpres, dll. Intinya kemajuan Indonesia saat itu adalah memajukan program yang ada di pedesaan. Dan orientasi program itulah yang ditinggalkan oleh bangsa Indonesia pada hari ini, karena orientasi pembangunan bergeser ke perkotaan.

Berangkat dari pemikiran tersebut, kami segenap pengurus Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur mencanangkan suatu program yang kami orientasikan untuk kemajuan masyarakat desa, yang kami namakan program “SERIBU KAMPUNG HARAPAN”.        Kampung Harapan adalah bentuk riil pembangunan desa yang diwujudkan sebagai program pendampingan, kerjasama antara yayasan dengan instansi/masyarakat setempat dengan mengadakan dan melengkapi  infrastruktur pendidikan, ekonomi, sosial, budaya dan keagamaan. Satu Kampung Harapan memiliki kegiatan dan program sebagai berikut :

  1. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM),
  2. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD),
    • Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD),
    • Kelompok Belajar Usaha (KBU),
    • Taman Bacaan Masyarakat (TBM),
    • Kejar Paket A/B/C
  3. Balai Kesehatan
  4. Gedung Pertemuan
  5. Sarana Ibadah
  6. Pertanian Terpadu (Pertanian, Peternakan, Perikanan, Perkebunan)
  7. Asrama Yatim Piatu
  8. Fasilitas lain yang mendukung

Saat ini kami telah mendapatkan amanah berupa tanah wakaf yang ada di beberapa lokasi  seperti di :

  1. Perum Griya Merselina Blok E1 36A no.11 Kel. Sukagalih, Kec. Jonggol, Kab. Bogor – Jawa Barat, dibuatkan Rumah Yatim (Asrama Yatim)
  2. Komplek PGRI RT/RW 03/12 Kel. Kedung Halang, kec. Bogor Utara, Kodya Bogor – Jawa Barat, dibuatkan Rumah Yatim (Asrama Yatim)
  3. Kp. Galih RT/RW 22/05 Desa Pangarengan, Kec. Rajeg, Kab Tangerang – Banten
  4. Kampung Bolong Ampel RT/RW 05/04 Desa Sukabakti,  Kec. Tambelang, Kab. Bekasi – Jawa Barat, tengah dimulakan pembangunan sarana ibadah (masjid), pembangunan rumah kompos, pendampingan kegiatan pertanian terpadu, dan pendirian sekolah alam.

Khusus untuk di Tambelang saat ini kami tengah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat setempat untuk melakukan kegiatan pendampingan, membantu masyarakat untuk mewujudkan program pertanian terpadu. Program akan difokuskan untuk membuat pertanian yang cocok dengan habitat yang ada di sana. Luas lahan yang merupakan daerah pendampingan +/- 100 ha. Program yang tengah berjalan adalah membantu menyelesaikan pembangunan Masjid di sana, selanjutnya akan dibuatkan pembangunan Rumah Kompos, lalu akan dibuatkan sekolah alam, dan asrama yatim.

Untuk mewujudkan program tersebut kami telah membentuk Team Staf Ahli Khusus. Dan untuk kemudahan operasional administrasi telah dibentuk Kantor Cabang Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur untuk daerah Tambelang secara resmi.Untuk selanjutnya operasional, surat menyurat dll. menggunakan atribut kantor cabang.

Insya Allah program kami akan kami teruskan di beberapa tempat lain di Indonesia yang merupakan harapan kita semua menjadikan Indonesia lebih baik, Indonesia Kuat.

Kampung Harapan | Yayasan Anak Yatim di Jakarta Timur | Yayasan Sosial

Belum ada Komentar untuk Kampung Harapan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kesekretariatan kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasakami.

Foreign Visitor

Flag Counter

Kunjungan Hari Ini

Kreasi Cipta Yatim

Slideshow