Beranda » Program Yayasan » Silih Berganti Bencana Alam di Indonesia

Silih Berganti Bencana Alam di Indonesia

T Diposting oleh pada 17 February 2014
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 1136 kali

Bencana Alam di Indonesia seperti tak henti-hentinya menghiasi pemberitaan di media Indonesia. Hampir di seluruh penjuru negeri merasakan yang sama dengan cuaca ekstrim yang mengakibatkan bencana demi bencana yang sebelumnya tidak seperti tahun ini. Panas yang menyengat di musim panas, dan hujan dengan curah hujan yang cukup tinggi mengakibatkan bencana alam di Indonesia berada pada tingkat yang menghawatirkan.

Curah hujan yang cukup tinggi mengakibatkan banjir besar di daerah dan di perkotaan. Sawah-sawah terendam, rumah tenggelam, jalan-jalan rusak parah mengakibatkan infrastruktur pertanian dan perekenomian lumpuh. Ditambah lagi tanah longsor mengakibatkan rumah-rumah tertimbun tanah longsor. Jembatan putus memutus jalan yang menghubungkan antar wilayah.

Bencana alam banjir tidak seperti biasanya seperti tahun-tahun lalu. Tahun ini kehadirannya berkali-kali. Banjir di Jakarta hampir menenggelamkan beberapa kawasan di ibu kota. Banjir kiriman dari hulu sungai Ciliwung di Bogor ditambah sanitasi air yang rawan karena banyak sampah, semakin menambah penderitaan yang dirasakan masyarakat ibukota. Sementara di pedesaan sawah-sawah terendam mengakibatkan gagal panen.

Belum lagi sirna bencana banjir parah, erupsi gunung Sinabung yang berbulan-bulan menambah daftar panjang bencana alam di Indonesia. Erupsi yang memakan korban karena awan panas menjadi berita hangat. Tak lama setelahnya di pertengahan bulan Februari 2014 erupsi gunung kelud di Jawa Timur, yang juga mengakibatkan masyarakat mengungsi. Sementara abu material vulkaniknya menghujani beberapa wilayaha di Jawa Timur, Jawa Tengah, hingga ke Jawa Barat.

 

Renungan Kalam Ilahi Mengenai Datangnya Bencana

“Bencana Alam” ketika datang menjadi penderitaan umat manusia, banyak dihitung dari nalar umat manusia karena sebab-sebab logis. Banjir karena hulu sungai yang digunduli berganti dengan villa-villa mewah yang berderet di atas gunung. Sampah-sampah yang menyumbat aliran sanitasi air.

Banyak sudah tindakan tindakan perbaikan dan pencegahan dilakukan manusia untuk tidak terjadinya bencana alam. Padahal jauh-jauh hari Allah SWT telah memberikan sinyal dalam firman-Nya, “ Jika kamu (umat manusia), tidak melaksanakan (apa-apa yang telah diperintahkan Allah) di muka bumi, pasti akan terjadi kekacauan di muka bumi dan kerusakan yang besar” (QS 8:73)

Manusia diperintahkan oleh Allah untuk menjaga keseimbangan alam sebagai wujud menjaga hawa nafsunya. Karena sudah dipastikan keseimbangan alam akan terganggu manakala manusia menuhankan hawa nafsunya, melupakan perintah Ilahi yang terjadi adalah bencana alam sebagai wujud kemarahan Tuhan Sang Pencipta alam semesta akibat ulah manusia itu sendiri. Sehingga kita harus istigfar baik secara lisan maupun dalam bentuk tindakan nyata.

 Tanggap Bencana Sebagai Wujud Peduli Sesama

Ketika saudara-saudara kita kehilangan rumahnya karena banjir bandang, erupsi gunung meletus, atau hilang terkena angin puting beliung dll. Adalah kewajiban kita untuk turun tangan membantu memberikan sumbangan baik dalam bentuk dana maupun dalam bentuk barang sebagai wujud Peduli Sesama.

Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur membuka program Tanggap Bencana sebagai upaya berbagi bagi kita untuk dapat meringankan penderitaan saudara-saudara kita di berbagai belahan wilayah Indonesia yang terkena bencana alam.

Anda yang bersimpatik untuk turut bersama kami dalam program Tanggap Bencana Peduli Sesama dapat menyalurkan bantuannya melalui Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur, baik berupa barang seperti minuman air mineral, mie instant, pakaian-pakaian yang masih layak pakai,  dll.

Anda dapat mengirimkan bantuannya berupa dana yang dapat ditransfer ke rekening yayasan di nomor rekening :

  • BANK BRI  KCP PANGKALAN JATI
  • No. Rek. 0652-01-004022-50-6 a/n Yayasan Rahmatan Lil-Alamin
  • BANK MANDIRI KCP JKT PONDOK BAMBU
  • No. Rek. 006-00-0608670-0 a/n Yayasan Rahmatan Lil-Allamin
  • BANK PERMATA SYARIAH KCP ARTERI PONDOK INDAH
  • No. Rek. 0701407180 a/n Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

sertakan keterangan dalam transfer “Tanggap Bencana Peduli Sesama”.

Insyallah bantuan yang kita berikan akan menjadi keberkahan buat bapak / ibu sekalian.

Pencarian dari Google:

Belum ada Komentar untuk Silih Berganti Bencana Alam di Indonesia

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Silih Berganti Bencana Alam di Indonesia

hewan qurban

Mengambil Hikmah Pelaksanaan Qurban Tahun 1435 H

T 6 October 2014 F , , A Sekretariat Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Qurban secara etimologi / tata bahasa bermakna “dekat”. Maka berqurban bermakna mendekatkan diri kepada Allah dengan cara yang telah diajarkan para nabi yakni memotong hewan Qurban. Ada pun hewan qurban yang disyariatkan untuk dipotong a.l : kambing/domba/gibas, sapi, dan unta.... Selengkapnya

Pelatihan Di Tambelang

Pelatihan Anak Yatim Di YRLA-JT

T 10 September 2015 F A admin web-1

Kegiatan Pelatihan Anak Yatim Yayasan Rahmatan Lil-ALamin Jakarta Timur mempunyai anak binaan yang semuanya dibawah tangan Yayasan, dan dibinaan ini lah yayasan mengetahui dan menemukan bakat-bakat terpendam dari anak-anak yang kurang mampu dan yatim/piatu.

Pemberdayaan-Anak-Yatim-yayasan-sosial-menerima-zakat-infak-sedekah-untuk-pemberdayaan-anak-yatim-piatu-dan-kaum-dhuafa

Peristiwa Nuzulul Qur’an Pada Bulan Romadhon

T 15 July 2014 F , , A Sekretariat Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Nuzulul Qur’an secara etimologis terdapat dua kata yaitu kata  Nuzul dan Al-Qur’an. Pada dasarnya Nuzul itu mempunyai arti turunnya suatu benda daritempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Sedangkan Al-Qur’an yaitu firman Allah yang telah diturunkan melalui Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. Secara... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kesekretariatan kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasakami.

Foreign Visitor

Flag Counter

Kunjungan Hari Ini

Kreasi Cipta Yatim

Slideshow