Beranda » Proposal Kegiatan » Tabungan Qurban

Tabungan Qurban

Keutamaan Ber-Qurban

Menyembelih hewan qurban pada hari Idul Adha adalah amal shalih yang paling utama, lebih utama dari pada sedekah yang senilai atau harga hewan qurban atau bahkan sedekah yang lebih banyak dari pada nilai hewan qurban. Karena maksud terpenting dalam berqurban adalah mendekatkan diri kepada Allah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidak ada amal yang lebih utama pada hari-hari (tasyriq) ini selain berkurban.” Para sahabat berkata, “Tidak juga jihad?” Beliau menjawab: “Tidak juga jihad. Kecuali seseorang yang keluar dari rumahnya dengan mengorbankan diri dan hartanya (di jalan Allah), lalu dia tidak kembali lagi” (HR Bukhari).

Sedemikian agungnya syariat qurban, sehingga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barangsiapa yang berkelapangan (harta) namun tidak mau berqurban maka jangan sekali-kali mendekati tempat shalat kami” (HR Ibnu Majah & Al-Hakim, dihasankan oleh Syaikh Albani).

Yakinlah, bagi mereka yang berqurban, Allah akan segera memberikan ganti biaya qurban yang dia keluarkan. Karena setiap pagi Allah mengutus dua malaikat. Malaikat yang pertama berdoa: “Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak,” sedangkan malaikat yang kedua berdoa: “Ya Allah, berikanlah kehancuran bagi orang pelit yang menahan hartanya” (HR Bukhari & Muslim).

Sesungguhnya Allah tabungan qurban‘Azza wa Jalla mensyariatkan ‘udhiyah (berkorban) sebagai sarana untuk bertaqarrub kepada-Nya dan sebagai kemurahan untuk umat manusia pada hari raya. Allah telah memerintahkan kepada bapak para Nabi, Ibrahim ‘alaihis salam supaya menyembelih anaknya, Ismail. Lalu beliau menyambut perintah Allah tadi tanpa ragu. Karenanya Allah Ta’ala memberikan ganti dari langit sebagai tebusan bagi anaknya, “Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.” (QS. Al-Shafat: 107).

Sejak saat itulah, umat manusia menyembelih hewan ternak dalam rangka melaksanakan perintah Allah dengan mengalirkan darah. Dan berkurban merupakan amal ketaatan yang sangat utama.

Kemudian sunnah ini diperintahkan kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam dan beliau telah melaksanakannya. Diriwayatkan dalam Shahihain, “Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam berkurban dua ekor domba yang putih dan bertanduk. Beliau menyembelih sendiri dengan kedua tangannya sambil menyebut nama Allah dan bertakbir serta meletakkan kakinya di samping lehernya.”

Dan dalam riwayat lain dari Ibnu Umar radhiyallaahu ‘anhuma, “Adalah Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam selama sepuluh tahun tinggal di Madinah, beliau selalu menyembelih kurban.” (HR. Ahmad dan al-Tirmidzi, sanadnya hasan).

Sudah selayaknya setiap muslim bersemangat dalam mengikuti sunnah Nabinya Shallallahu ‘Alaihi Wasallam untuk berkurban. Semoga dengan demikian, dia akan menjadi orang mendapatkan kecintaan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

“Katakanlah: “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Ali Imran: 31)

 

Program Tabungan Qurban di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur

tabungan qurban

Mewujudkan Qurban Anda tahun ini tidak perlu menunggu menjelang hari H untuk membeli hewan qurbannya. Dengan niat di awal tahun serta dimulai dengan menyisihkan rezeki yang Anda miliki pada setiap bulannya, Anda sudah bisa memprogram apakah hendak berqurban sapi atau kambing. Berawal dari niat, maka apa yang Anda inginkan akan terwujud.

Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur membuka program Tabungan Qurban untuk Anda yang ingin berqurban di tempat kami tahun ini. Anda dapat berqurban bersama anak-anak yatim di Yayasan Rahmatan Lil-alamin Jakarta Timur. Anda dapat menabung untuk pembelian hewan qurban di rekening Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur, kami akan mengumpulkan uang tabungan Anda hingga menjelang hari H penyelenggaraan pemotongan hewan qurban.

 

Teknis Penyelenggaraan Program Tabungan Qurban:

  1. Niat berQurban sapi atau kambing
  2. Mengisi formulir kesediaan mengikuti program Tabungan Qurban yang bisa anda download di sini, lalu kirim ke email yayasan : yrlajt05@gmail.com
  3. Menabung di rekening yayasan dengan cara transfer / pembayaran tunai, lalu kirimkan info pembayaran tunai/transfernya dengan SMS ke 0818-188-596 atau fax bukti transfer ke 86005367
  4. Menjelang hari raya Iedul Adha, jumlah tabungan anda akan direkap lalu disesuaikan dengan hewan qurban yang ingin Anda beli. Jika terdapat kekurangannya Anda dapat menambahkan via transfer atau tunai.
  5. Pemotongan qurban di hari H
  6. Bukti pelaksanaan pemotongan hewan qurban Anda akan kami kirim melalui email atau kami publish di web Yayasan

Nomor Rekening Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur

  • BANK BRI  KCP PANGKALAN JATI
  • No. Rek. 0652-01-004022-50-6 a/n Yayasan Rahmatan Lil-Alamin
  • BANK MANDIRI KCP JKT PONDOK BAMBU
  • No. Rek. 006-00-0608670-0 a/n Yayasan Rahmatan Lil-Allamin
  • BANK PERMATA SYARIAH KCP ARTERI PONDOK INDAH
  • No. Rek. 0701407180 a/n Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Semoga segala niat baik Anda dapat terwujud pada tahun ini, dan keberkahan selalu menaungi dalam setiap gerak langkah perjalanan Anda. Berqurban bersama anak yatim di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur semoga menjadi karunia dan keberkahan buat Anda.

 

Pencarian dari Google:

Tabungan Qurban | Yayasan Anak Yatim di Jakarta Timur | Yayasan Sosial

1 Komentar untuk Tabungan Qurban

  • Endang Triwahyuni says:

    Dengan adanya program tabungan Qurban sangat membantu bagi yang ingin berqurban, dengan sistem dicicil menjadi lebih ringan dan mudah, terimakasih

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kesekretariatan kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasakami.

Foreign Visitor

Flag Counter

Kunjungan Hari Ini

Kreasi Cipta Yatim

Slideshow