Beranda » Info Kesehatan » Peringatan Hari Pipa Dunia Di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Peringatan Hari Pipa Dunia Di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

T Diposting oleh pada 9 March 2014
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 329 kali

Hari Pipa Dunia atau World Plumbing Day diperingati diseluruh dunia setiap tanggal 11 Maret. Di Indonesia Hari Pipa ini belum memasyarakat. Namun di luar negeri secara umum masyarakat sudah mengenalnya. Kita coba mengenali mengenai Hari Pipa Dunia ini, tentang selak beluknya hingga manfaatnya, dan kebetulan untuk tahun ini ada kegiatan sosial untuk edukasi dan charity event mengenai air dan kesehatan di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin jakarta Timur.

Pipa atau ledeng yang terbersit di pikiran kita adalah seonggok besi bulat panjang untuk mengaliri air. Kita tidak pernah berpikir air yang melewati pipa itu akan kena karat dari pipa itu setelah bertahun-tahun, bagaimana kaitannya dengan kesehatan manusia. Baik itu air pipa yang melalui PAM atau jaringan air di rumah kita sendiri.

Profesi mengenai Tukang Pipa atau Tukang Ledeng, adalah profesi tanpa pendidikan, dipandang sebelah mata karena dipandang sebagai pekerja kasar. Secara umum profesi tukang pipa di Indonesia boleh dikatakan sebagai tenaga yang terlatih, tidak ada sertifikasi namun karena sering bekerja di bidang itu lama-lama akan mengerti seluk beluknya. Tapi tidak ada tinjauan kaitannya dengan kesehatan, apalagi bersertifikat internasional.

Merangkai pipa air memerlukan pendidikan dan keterampilan khusus, bahkan saat ini sudah ada sertifikasinya tingkat internasional. Melaui pipa yang berstandar khusus air dapat dimenej sehingga menjadi ramah lingkungan, dan dapat diminum langsung tanpa harus merebusnya. Dapat dibayangkan jika tukang pipa / ledeng berstandar internasional sudah mulai diterapkan.

tukang pipa bersertifikat internasional

Keselamatan dan kelimpahan air minum, tentu saja, menjadi perhatian bagi kebanyakan orang di seluruh dunia, tetapi kebanyakan orang tidak menekankan pada  pekerjaan industri pipa dalam masalah pengelolaan air di perumahan atau di lingkungan sekitar. Dalam hal ini tukang pipa berperan dalam menjaga manajemen lingkungan yang aman dan sehat setiap hari dalam masalah jaringan pipa / ledeng sehingga masyarakat Indonesia yang sering diberikan air hujan dalam kadar yang berlebih oleh Tuhan dapat memenejnya lebih baik sehingga menjadi kebermanfaatan yang luar biasa.

 

IAPMO CHARITY EVENT “WORLD PLUMBING DAY “

world plumbing day“The World Plumbing Council” adalah organisasi internasional yang bertujuan untuk mengembangkan dan mempromosikan citra dan standar Industri pipa di seluruh dunia. Pernyataan Misi mereka adalah: ” Misi Plumbing Dewan Dunia adalah menyatukan industri dunia pipa untuk menjaga dan melindungi lingkungan dan kesehatan bangsa, untuk kepentingan semua”

Diprakarsai oleh Dewan  Plumbing Dunia , Hari Plumbing Dunia adalah sebuah acara internasional yang diperingati setiap 11 Maret yang merayakan penting memainkan peran pipa dalam kesehatan dan keselamatan masyarakat modern . Kita tahu bahwa konotasi negatif kadang-kadang melekat pada tukang pipa dan pipa , jadi badan ini  ingin melibatkan masyarakat dalam mengubah persepsi orang tentang manajemen air, pipa, dan asas manfaatnya.

International Association of Plumbing and Mechanical Officials ( IAPMO ) adalah anggota dari  WPC (World Plumbing Council). Sejak tahun 1926,  IAPMO telah mendedikasikan diri  untuk melindungi kesehatan dan keselamatan masyarakat melalui pengembangan pipa yang aman dan steril.

Di Indonesia pelaksanaan peringatan World Plumbing Day akan diselenggarakan pada tanggal 11 Maret 2014 di Hotel Ritz Carlton, di mana IAPMO bersama BSN (Badan Standardisasi Nasional) menjadi panitia penyelenggaranya.

Pada moment ini pun akan diselenggarakan charity event yang akan dilaksanakan satu hari sebelumnya yakni pada tanggal 10 Maret 2014 bertempat di sekretariat Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur. Acara ini akan didedikasikan untuk anak-anak yatim binaan Yayasan Rahmatan Lil-alamin Jakarta Timur. Acaranya berupa edukasi mengenai Air dan Kesehatan dari Ibu Shirley Dewi dan Ken Wijaya, serta charity berupa santunan untuk anak-anak yatim binaan yayasan.

Jika negara-negara luar begitu pedulinya dengan manajemen air dan lingkungan dengan memenej pipa / ledeng di lingkungannya bahkan petugasnya bersertifikasi internasional, mengapa bangsa kita yang notabene air berlimpah belumlah juga memiliki kesadaran untuk peduli dalam hal ini sehingga air berlimpah  yang seharusnya menjadi keberkahan umat manusia malah banyak menjadi bencana ?

 

Belum ada Komentar untuk Peringatan Hari Pipa Dunia Di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Peringatan Hari Pipa Dunia Di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

IMG-20151214-WA0042[1]

Bakti Sosial dan Cek Kesehatan Dhuafa – Anak Yatim

T 15 December 2015 F , A admin web-1

Bakti Sosial dan Cek Kesehatan Dhuafa dan Anak Yatim di Cabang Bogor – Jonggol, pada hari Minggu tanggal 13 Desember 2015 Pukul 09.00 sampai dengan selesai. Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar, amanah telah disampaikan pada yang lebih berhak, dan kesehatan... Selengkapnya

detox sehat dan mudah

5 Cara Mendetox Tubuh Dengan Mudah

T 18 March 2016 F A admin web-1

Berikut adalah “Cara Mudah Mengeluarkan Racun di Tubuh”. Bantu tubuhmu mengeluarkan racun tanpa harus melakukan diet detoks. Yukk detox tubuhmu dengan sehat melalui cara dibawah ini ..   1. Minum air putih Setidaknya 2 liter setiap harinya, cara ini cukup... Selengkapnya

manajemem iso

Kegiatan Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur bulan Februari 2015

T 9 March 2015 F , A Sekretariat Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Program Rutin Perjalanan kegiatan yayasan dalam bidang sosial, pendidikan, serta keagamaan berjalan secara rutin berdasarkan program yang telah dicanangkan oleh tiap unit kerja (divisi) Pelatihan anak yatim dalam bidang baca tulis Al-Qur’an, pengembangan seni budaya, berjalan  di Tambelang (Bekasi) dan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kesekretariatan kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasakami.

Foreign Visitor

Flag Counter

Kunjungan Hari Ini

Kreasi Cipta Yatim

Slideshow