Beranda » Belajar Agama Islam » Mensyukuri Nikmat Allah Dengan Selalu Bersyukur

Mensyukuri Nikmat Allah Dengan Selalu Bersyukur

T Diposting oleh pada 21 August 2015
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 2188 kali
  • Apa sih makna dari kata BERSYUKUR???

Syukur …. Identik dengan makna pemberian nikmat dari Allah, Syukur dan rasa terima kasih kita kepada Allah  yang telah menganugerahi kita kehidupan ini membantu kita menikmati dan menerima kesuksesan hidup yang selama ini kita cari. Dengan rasa syukur yang kita rasakan akan kehidupan kita, kesuksesan itu pada esensinya sudah tidak perlu lagi kita cari, ia sudah ada di sini, di hidup Anda saat ini pula. Kita sering pula mendengar orang yang mengatakan, “Aku selalu bersyukur, kok, tapi nyatanya hidupku hanya begini-begini saja”?. Pertanyaan seperti itu sangat lah bukan menandakan orang yang bersyukur secara keseluruhan, di dalam dirinya masih ada rasa kufur nikmat walau secuil.

Bila kamu bisa merasa bersyukur saat itu, maka itu pertanda bahwa kamu sudah mulai menerima kesuksesanmu  dan kesuksesan yang lebih besar lagi telah menanti. Karena bersyukur bukanlah sekedar kata-kata. Bersukur adalah sebuah rasa terima kasih dan penghargaan yang mendalam atas sebuah pemberian dari yang Maha Kuasa, entah bagaimanapun bentuk dan rupa pemberian tersebut.

  • Kita Bisa Bersyukur

NIkmat Allah begitu banyak, apa yang sudah diberikan kepada kita sebagai makluknya belum tentu dapat dibayarkan dengan bertriliyunan harta, atau apapun itu. Bayangkan jika nafas/ oksigen kita harus bayar, dirumah sakit saja oksigen sangat lah mahal belom lagi dihitung perdetik, jam, berhari-hari bahkan bulan dan tahunan, dan nikmat besar Allah lainnya, Sungguh Maha Besar Allah SWT atas segala nikmatnya. Berhusnudzon / berprasangka baik lah kepada Allah ! .memang kadang manusia sulit sekali memahami artian kata syukur, walaupun dalam keadaan banyak masalahpun kita harus bersyukur bahwa disetiap ujian-nya pasti ada hikmah bagi orang yang berfikir,, hikmah tersebutlah yang menjadikannya pelajaran untuk kita bahwa Allah punya cara-nya sendiri untuk menyayangi umatnya bagi yang bersabar dalam keadaan apapun,,

Sebagaimana Firmannya :1404866100243

“ Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah nikmat kepadamu, dan jika kamu mengingkari nikmat-Ku, maka sesunggunya azab-Ku sangat pedih” (QS 14:7)

 

 

  • Ciri-ciri orang yang tidak bersyukur

1. Mengeluh

Keluhan berbahaya karena membuat orang lupa atau buta akan kondisi sebaliknya, dan kalau diulang berkali-kali akan merasuk ke dalam jiwa dan menjadi sesuatu yang kita percayai.

2. Mengecil-ngecilkan nikmat yang telah diberikan Allah SWT

Ingatlah kamu kepada-KU, niscaya Aku ingat pula kepadamu dan bersyukurlah kepada-KU dan janganlah kamu mengingkari ni’mat-KU.

~ Q ur’an: Surat Al Baqarah: 152 ~

3. Kikir

kikir adalah juga satu tanda tidak bersyukurnya seseorang. Dia merasa bahwa yang dia miliki masih kecil jumlahnya, sehingga tidak mau berbagi atau sulit berpisah dengannya. Atau dia khawatir, cemas, dan takut tidak akan mendapat lagi, sehingga merasa harus menyimpan-nyimpan untuk diri sendiri.

“Sesungguhnya Allah tidak menyukai …orang-orang yang kikir, dan menyuruh orang lain berbuat kikir, dan yang menyembunyikan karunia Allah yang telah diberikan-Nya kepada mereka…”

~ Qur’an: Surat An-Nisa’: 36-37 ~

 

  • Cara Kunci Sukses untuk Bersyukur 

1. Coba membiasakan diri mencatat, setiap hari, semua hal baik yang terjadi pada kita hari itu.

“ Dan jika kamu menghitung-hitung ni’mat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya (karena banyaknya). Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Penyayang. ~ Qur’an: Surat An Nahl: 18 ~

2. Setiap hati kita suntuk dan resah, dan mulai kehilangan semangat dan kepercayaan, coba baca ulang “jurnal syukur” Anda tersebut, dan lihat betapa banyak yang Allah telah berikan kepada Anda.

3. Bila Anda sendiri sedang merasa kekurangan, coba cari beberapa orang yang Anda tahu lebih buruk lagi kondisinya dibandingkan Anda. Cari, temui, amati kehidupan mereka.

4. Sering-sering mengadakan acara “syukuran” juga merupakan langkah menerapkan mensyukuri nikmat Allah. Bisa lebih besar dengan mengundang anak yatim kerumah untuk syukuran memberikannya makanan, mengajaknya jalan-jalan, atau menyantuni anak yatim tersebut.

allah

 

  • Syukur mencakup tiga sisi

a. Syukur dengan hati, yaitu kepuasan batin atas anugerah.

b. Syukur dengan lidah, dengan mengakui anugerah dan memuji pemberinya.

c. Syukur dengan perbuatan, dengan memanfaatkan anugerah yang diperoleh sesuai dengan tujuan penganugerahannya.

Insyaallah dengan kita bersyukur di setiap apa yang kita miliki maupun disetiap apa apa yang terjadi maka allah akan selalu bersama kita dalam keadaan apapun..

  • Tips Sukses

Dan Allah akan memberi balasan dan menambah nikmat-Nya kepada orang-orang yang bersyukur.

(~   Q ur’an: Surat Ali Imran: 144 ~ )

Semoga Bermanfaat…

 

 

Pencarian dari Google:

Belum ada Komentar untuk Mensyukuri Nikmat Allah Dengan Selalu Bersyukur

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Mensyukuri Nikmat Allah Dengan Selalu Bersyukur

20160114195317

Membeli Kesuksesan Dengan Sedekah (Ust. Yusuf Mansyur)

T 28 February 2016 F A admin web-1

Ustadz Yusuf Mansur (Bapak Sedekah) “Mengapa seseorang selalu merasa kurang secara penghasilan? Mungkin karena ia kurang sedekah!” buka Ustad Yusuf Mansur malam itu. Beliau melirik sekelilingnya. Wajah-wajah muda, dengan tatapan penuh semangat tengah duduk mengelilinginya. Mereka adalah 20 besar kontestan... Selengkapnya

hewan qurban

Menyambut Hari Raya Iedul Adha Dengan ber-Qurban

T 17 September 2013 F A Sekretariat Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Qurban merupakan satu bagian yang tak terpisahkan dari Hari Raya Iedul Adha. Pagi hari dilaksanakan sholat Iedul Adha secara berjamaah, siang harinya dilakukan pemotongan hewan qurban berupa sapi atau kambing. Ibadah qurban ini memiliki nilai sosial di samping nilai spiritual... Selengkapnya

dzakat fitrah

Keajaiban Memberi Untuk Kebaikan Sesama

T 2 October 2015 F A Sekretariat Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Ketika kita memberi sesuatu kepada orang lain, maka secara pisik apa yang kita miliki akan berkurang dan menjadi bertambah pada orang lain. Namun manakala kita niatkan untuk berShodaqoh maka nilai yang kita dapatkan akan menjadi berlipat-lipat.

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kesekretariatan kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasakami.

Foreign Visitor

Flag Counter

Kunjungan Hari Ini

Kreasi Cipta Yatim

Slideshow