Beranda » Belajar Agama Islam » Mengambil Hikmah Pelaksanaan Qurban Tahun 1435 H

Mengambil Hikmah Pelaksanaan Qurban Tahun 1435 H

T Diposting oleh pada 6 October 2014
F Kategori , ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 619 kali

Qurban secara etimologi / tata bahasa bermakna “dekat”. Maka berqurban bermakna mendekatkan diri kepada Allah dengan cara yang telah diajarkan para nabi yakni memotong hewan Qurban. Ada pun hewan qurban yang disyariatkan untuk dipotong a.l : kambing/domba/gibas, sapi, dan unta.

Firman Allah SWT dalam surat al-Kautsar , “Maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu, dan berqurbanlah”. Sholat sebagai wujud aktivitas mencegah kekejian dan kemungkaran bersanding dengan kata berqurban. Berqurban sebagai wujud pengorbanan harta yang kita miliki untuk berjuang dan beribadah di jalan Allah sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Hadits Rosulululloh, dari Aisyah r.a. Rosululloh bersabda :” Amal yang paling disukai Allah pada hari penyembelihan adalah mengalirkan darah hewan qurban, sesungguhnya hewan yang diqurbankan akan dtang (dengan kebaikan yang melakukan qurban) di hari kiamat kelak dengan tanduk-tanduknya, bulu dan tulang-tulangnya, sesungguhnya (pahala) dari darah hewan qurban telah datang dari Allah sebelum jatuh ke bumi, maka lakukanlah kebaikan ini” (HR Tirmidzi)

Hadits Ibnu Abbas Rosululloh bersabda : “Tiada sedekah uang yang lebih mulia dari yang dibelanjakan untuk qurban di hari raya Adha” (HR Dar Qutni).

Dari Sahabat Barra bin ‘Azib bahwa nabi bersabda, “Barangsiapa yang menyembelih setelah shlat, maka telah sempurna ibadah qurbannya dan sesuai dengan sunnah kaum muslimin” (HR Bukhari dan Muslim”

Kegiatan Pemotongan dan Pendistribusian Hewan qurban di YRLA

Pemotongan “Hewan Qurban” di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur dilaksanakan setelah sholat Iedul Adha. Hewan yang disembelih berupa sapi dan kambing. Ada pun hewan yang ada merupakan donasi dari para donatur YRLA dari berbagai tempat.

Dalam pendistribusiannya, YRLA tidak menyebarkan kupon kepada masyarakat, tetapi mengantarkan langsung ke rumah-rumah warga yang berhak menerimanya (kaum dhuafa dan anak yatim di wilayah domisili yayasan), sehingga tidak terjadi penumpukan orang-orang yang mengantri untuk mendapatkan daging hewan qurban.

Alhamdulillah, pelaksanaan kegiatan pemotongan dah pendistribusian hewan qurban di Yayasan Rahmatan Lil-alamin Jakarta Timur berjalan dengan lancar semoga menjadi keberkahan terutama bagi yang berqurban dan seluruh yang terkait di dalamnya.

Dokumentasi Kegiatan Pemotongan Hewan Qurban di YRLA

Pencarian dari Google:

Belum ada Komentar untuk Mengambil Hikmah Pelaksanaan Qurban Tahun 1435 H

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Mengambil Hikmah Pelaksanaan Qurban Tahun 1435 H

introspeksi diri

Introspeksi Diri Dalam Merubah Perilaku Menjadi Lebih Baik

T 29 January 2015 F , A Sekretariat Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Introspeksi Diri adalah melihat ke dalam diri kita apa saja yang telah kita lakukan, atau lebih mudahnya adalah kegiatan untuk mengevaluasi diri dengan cara bercermin atas apa yang telah kita jalani.  “Kenapa ya sekarang aku jadi kaya gini? Kenapa ya sekarang aku jadi... Selengkapnya

hewan qurban

Proposal Penyelenggaraan Qurban 2015

T 18 August 2015 F A Sekretariat Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Berqurban Bersama Anak Yatim dan Kaum Duafa’ Dalam Kebersamaan Hari Raya Iedul Adha 1436 H     PENDAHULUAN Iedul Adha adalah puncak dari rangkaian pelaksanaan ibadah haji. Hari ini dirayakan oleh umat muslim yang sedang menunaikan ibadah haji di tanah... Selengkapnya

wanita shalehah

Hidup Sehat Dengan Sholat

T 28 August 2015 F A admin web-1

Shalat Yaitu sebaik-baik amalan setelah dua kalimat syahadat. Ada hadits muttafaqun ‘alaih sebagai berikut, عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ سَأَلْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَىُّ الْعَمَلِ أَفْضَلُ قَالَ « الصَّلاَةُ لِوَقْتِهَا ». قَالَ قُلْتُ ثُمَّ أَىٌّ قَالَ... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kesekretariatan kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasakami.

Foreign Visitor

Flag Counter

Kunjungan Hari Ini

Kreasi Cipta Yatim

Slideshow