Beranda » Belajar Agama Islam » Memilih Program Ber-Qurban Bersama Anak Yatim

Memilih Program Ber-Qurban Bersama Anak Yatim

T Diposting oleh pada 24 September 2014
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 234 kali

Iedul Adha adalah puncak dari rangkaian pelaksanaan ibadah haji. Hari ini dirayakan oleh umat muslim yang sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci sebagai hari wisuda dengan penuh suka cita. Agar kesukacitaan itu juga dapat dirasakan oleh seluruh umat muslim maka terdapatlah perintah untuk melakasanakan penyembelihan hewan qurban bagi yang mampu; 

“Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syari’atkan penyembelihan (Qurban),supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah dirizkikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa,karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).” (QS. Al Hajj : 34) 

”Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu ni’mat yang banyak, maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu dan ber-qurban-lah.” (QS. Al Kautsar : 1-2)

Ibadah Qurban yang diperintahkan kepada ummat nabi Muhammad SAW adalah ibadah yang mengacu kepada sejarah qurbannya nabi Ibrahim AS. Perintah mengorbankan anak yang dicintainya, nabi Ismail AS sebagai bukti kecintaan dan ketaatan kepada Allah SWt. Oleh karenanya, pelaksanaan ibadah qurban harus diniatkan dalam rangka taat dan menjalankan perintah Allah SWT sebagaimana ayat di atas

Ibadah Qurban juga memiliki keutamaan sebagai jalan mendapatkan pengampunan dan keridhoan dari Allah SWT. Dan amalan yang paling dicintai Allah pada hari Raya Iedul Adha adalah menyembelih hewan qurban sebagaimana sabda Rosululloh SAW : 

“Tidak ada satu amalan yang paling dicintai Allah dari Bani Adam ketika hari raya Iedul Adha selain menyembelih hewan qurban. Sesungguhnya hewan qurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya sebelum darah qurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah, maka beruntunglah kalian semua dengan (pahala) qurban itu” (HR Tirmidzi, Ibnu Majjah, dan Hakim)

 hewan qurban

BERQURBAN DI YAYASAN RAHMATAN LIL-ALAMIN 

Bentuk Pelaksanaan Kegiatan  Qurban di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin :

  1. Menyediakan dan Mengumpulkan hewan qurban dari warga sekitar dan partisipasi para donatur yayasan
  2. Melaksanakan penyembelihan hewan qurban.
  3. Mendistribusikan hewan dan/atau daging qurban kepada yang berhak menerimanya.

Guna memudahkan warga yang akan melaksanakan qurban, Pihak Yayasan bekerjasama dengan pemasok hewan qurban mempasilitasi masyarakat  yang akan membeli hewan qurban dengan ketentuan sebagai berikut:

Jenis Hewan Type Harga per Kepala Bobot Keterangan
Kambing A 3.700.000,- 50 kg Harga sudah termasuk ongkos kirim dan biaya pemotongan Pemotongan dan pendistribusian hewan  qurban dilaksanakan setelah sholat Iedul Adha
Kambing B 2.950.000,- 40 kg
Kambing C 2.200.000,- 30 kg
       
       
Sapi A 22.000.000,- 600 kg
Sapi B 20.250.000,- 500 kg
Sapi C 15.000.000,- 400 kg
       

 

BENTUK PENYALURAN TEKNIS

Bentuk penyaluran teknis pengadaan hewan qurban dapat diwujudkan dengan cara sebagai berikut :

  1. Bantuan atau hewan qurban dapat diantar langsung ke sekretariat Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur, di Jalan H. Naman no.20 C-E RT/RW 02/03 Pondok Kelapa – Jakarta Timur
  2. Bantuan hewan qurban kami ambil di tempat Bapak/Ibu
  3. Transfer ke rekening yayasan, pihak yayasan yang akan membelikan hewan qurban

 

KONTAK PERSON

–      021-86905367 (sekretariat yayasan) 

 

NOMOR REKENING BANK YAYASAN

  • Bank BRI KCP Pangkalan Jati, Rek. No. 0652-01-004022-50-6
  • Bank Mandiri KCP Jakarta Pondok Bambu, Rek. No. 006-00-0608670-0
  • Bank BCA Kalimalang I, Rek. No. 2301555662

 

Kami mengajak Bapak/Ibu sekalian untuk mengambil momen hari Raya Iedul Adha kali ini untuk ber-qurban dengan menyisihkan sebagian rezki dan nikmat yang telah Allah anugerahkan kepada kita untuk dibagikan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan.

“ Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah nikmat kepadamu, dan jika kamu mengingkari nikmat-Ku, maka sesunggunya azab-Ku sangat pedih” (QS 14:7)

 “Sesungguhnya, tiada balasan bagi kebaikan kecuali dengan kebaikan pula, maka nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan?” (QS 55:60-61)

Belum ada Komentar untuk Memilih Program Ber-Qurban Bersama Anak Yatim

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Memilih Program Ber-Qurban Bersama Anak Yatim

muharram 1437 H

Muharram 1437 H “Hijrah Langkah Progresive Menuju Visi”

T 15 November 2015 F , A admin web-1

Alhamdulillah Acara Santunan Gebyar Muharram 1437 H berjalan lancar dengan sukses, dengan berbagai acara pentas seni dan kreasi seni anak yatim binaan Yay. Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur..

hewan qurban

Menyambut Hari Raya Iedul Adha Dengan ber-Qurban

T 17 September 2013 F A Sekretariat Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Qurban merupakan satu bagian yang tak terpisahkan dari Hari Raya Iedul Adha. Pagi hari dilaksanakan sholat Iedul Adha secara berjamaah, siang harinya dilakukan pemotongan hewan qurban berupa sapi atau kambing. Ibadah qurban ini memiliki nilai sosial di samping nilai spiritual... Selengkapnya

lebaran yatim

Belajar Memahami Makna Zakat Sebagai Pembersih Jiwa Kita

T 9 July 2013 F A Sekretariat Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Zakat  secara bahasa (lughat), berarti : tumbuh; berkembang dan berkah (HR. At-Tirmidzi) atau dapat pula berarti membersihkan atau mensucikan .  Firman Allah dalam Surat At-Taubah : 103, “Ambillah zakat dari sebagian kekayaan mereka dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kesekretariatan kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasakami.

Foreign Visitor

Flag Counter

Kunjungan Hari Ini

Kreasi Cipta Yatim

Slideshow