Beranda » Belajar Agama Islam » Memetik Hikmah Dari Peristiwa Nuzulul Qur’an

Memetik Hikmah Dari Peristiwa Nuzulul Qur’an

T Diposting oleh pada 7 July 2015
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 695 kali

Peristiwa Nuzulul Qur’an 14 abad silam merupakan salah satu mukjizat Nabi Muhammad SAW yang paling agung dibanding mukjizat lain yang diterima para nabi sebelumnya. Peristiwa ini turun pada Malam lailatul Qodar , tanggal 17 Ramadhan. Saat itu Al qur’an diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad saat usia 40 tahun di gua Hiro.

Dengan adanya peringatan Nuzulul Quran,  intinya bukan peringatannya yang lebih penting. Tetapi, bagaimana isi dari Alquran itu kita pahami kemudian kita impelentasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan sebaik-baiknya, karena Al Qur’an merupakan petunjuk Allah untuk kehidupan manusia di dunia dan akhirat.

Alquran juga merupakan aturan yang membawa manusia ke dalam kehidupan dengan peradaban yang tinggi. Sebagai contoh, bagaimana Alquran mengajarkan konsep ketuhanan dengan sangat jelas. Begitu pun aturan kehidupan yang detail membuat kehidupan manusia lebih tertata. Bayangkan saja aturan pernikahan, kalau tidak  ada pernikahan bagaimana  nasib manusia? Belum lagi larangan-larangan perbuatan jahat seperti larangan mencuri, larangan berzina, yang membawa manusia pada peradaban yang tinggi.

Peringatan  Nuzulul Qur’an ini juga mestinya dijadikan persiapan dalam menyambut malam Lailatul Qadar. Mengingat, pertama kali diturunkannya Alquran bertepatan dengan malam Lailatul Qadar. Maka sebaiknya kita secara tartil membaca tadarus dan tilawatil Qur’an di 10 hari terakhir di penghujung bulan Ramadhan.

peringatan Nuzulul Qur'an

Tahapan Turunnya Al-Qur’an Dari Langit ke Dunia

Turunnya Al-Qur’an dari langit ke dunia, dari Allah SWT melalui malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW turun secara bertahap selama kurun waktu kurang lebih 23 tahun, sesuai dengan asbabun nuzulnya (sebab turunnya).
Terminal pertama Al Qur’an berada di Lauhul Mahfudz, di mana semua rahasia Allah tentang penciptaanya ada di sana, baru kemudian Allah turunkan melalui malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad dari Lauhul Mahfudz ke langit dunia.

Sejak itu, Alquran turun secara berangsur-angsur kepada Nabi Muhammad selama kurang lebih 23 tahun. Wahyu yang pertama kali turun adalah Al Alaq ayat 1-5, sedangkan yang terakhir kali turun surah Al Maidah ayat 3.

Turunnya wahyu Allah ke dunia disebtabkan peristiwa demi peristiwa yang dialami Nabi Muhammad besert pengikutnya dalam mensyiarkan ajaran Islam membentuk tatanan kehidupan baru berdasarkan ajaran Ilahi sehingga terwujudnya Madinatul Munawaroh. Setiap peristiwa turun wahyu Allah sebagai petunjuk pengaturan kehidupan manusia saat itu dan kelak.

Fungsi Al Qur’an sebagi Petunjuk Bagi Manusia

fungsi al qur'anDalam Al Qur’an Surat Al Baqoroh ayat 185 : “Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).”Berdasarkan ayat di atas sudah jelas ada tiga fungsi Al-Qur’an, yakni sebagai PETUNJUK, PENJELASAN mengenai petunjuk, dan PEMBEDA antara yang hak dan yang bathil.

Sebagai Petunjuk, Al-Qur’an memberikan petunjuk berbagai hal untuk manusia, dari mulai urusan pribadi, keluarga, masyarakat, serta kehidupan bernegara. Dan itu telah dicontohkan oleh Rosululloh beserta pengikutnya, memulai petunjuk al qur’an mulai dari dirinya hingga berkehidupan sosial.

Sebagai Penjelas, apa yang telah di wahyukan oleh Allah dan kemudian dipraktekkan oleh beliau sendiri beserta pengikutnya telah membuktinyatakan bahwa apa yang ada di Qur’an bukan merupakan teori, tapi wujud adanya. Dan itu diperkuat oleh Rosululloh melalui sunnah-sunnahnya yang tertuang dalam Hadits-Hadits maupun dalam sejarah perjuangannya.

Sebagai Pembeda, sudah sangat jelas membedakan antara yang halal dan yang haram, antar yang haq dan yang bathil, antara yang baik dan yang buruk. Bahwa fungsi Al-Qur’an, ternyata konsep berkehidupan di dunia merupakan konsep berkehidupan yang terbaik di banding konsep selain al Qur’an.  Karena Al-Qur’an merupakan rahmat bagi semesta alam.

Apa yang telah diwujudkan oleh rosululloh dalam mengaktingkan, atau mengaplikasikan Al-Qur’an menjadi contoh teladan buat kita dalam mengaplikasikan ajaran Ilahi. Dan karunia besar buat kita sebagai rosululloh , jika kita membacanya setiap hari serta mengaplikasikannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Semoga kita termasuk hamba-hamba-Nya yang bersyukur dan dilimpahkan segenap karunia-Nya. Aamin.

 

 

 

 

 

Pencarian dari Google:

Belum ada Komentar untuk Memetik Hikmah Dari Peristiwa Nuzulul Qur’an

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Memetik Hikmah Dari Peristiwa Nuzulul Qur’an

lebaran yatim

Belajar Memahami Makna Zakat Sebagai Pembersih Jiwa Kita

T 9 July 2013 F A Sekretariat Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Zakat  secara bahasa (lughat), berarti : tumbuh; berkembang dan berkah (HR. At-Tirmidzi) atau dapat pula berarti membersihkan atau mensucikan .  Firman Allah dalam Surat At-Taubah : 103, “Ambillah zakat dari sebagian kekayaan mereka dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan... Selengkapnya

Wanita Sholeha YRLA

Wanita Sholeha Laksana Mutiara Didalam Lautan

T 7 November 2016 F A admin web-1

Wanita shalihah adalah idaman setiap orang. Harta yang paling berharga, sebaik-baik perhiasan. Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, artinya: ”Dunia seluruhnya adalah perhiasan. Dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita yang sholihah.” Allah Subhaanahu wata’ala berfirman, artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah... Selengkapnya

qurban yrlajt

Berqurban Sebagai Bentuk Keikhlasan dan Ketaatan Dalam Peribadatan

T 9 September 2016 F A admin web-1

Ketaatan Nabi Ibrahim AS mengajarkan kita untuk ikhlas dalam memenuhi perintah-Nya. Begitu pula saat kita mau menunaikannya, maka berqurban menjadi “Kendaraan” yang akan mengantarkan kita menuju Jannah-Nya. Bukanlah hewan qurban yang akan mengantarkan kita, melainkan ketulusan dan keikhlasan kita untuk... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kesekretariatan kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasakami.

Foreign Visitor

Flag Counter

Kunjungan Hari Ini

Kreasi Cipta Yatim

Slideshow