Beranda » Belajar Agama Islam » Manfaat Puasa Ramadhan Untuk Sehat Jasmani dan Rohani

Manfaat Puasa Ramadhan Untuk Sehat Jasmani dan Rohani

T Diposting oleh pada 24 June 2015
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 460 kali

Manfaat Puasa besar pengaruhnya bagi kesehatan kita baik jasmani maupun rohani. Terutama pada bulan Ramadhan di mana setiap tahunnya umat Islam menjalankan kewajiban ibadah puasa, yakni meninggalkan makan, minumn , merokok, dan segala yang membatalkannya dari terit fajar hingga terbenam matahari.

Manfaat Puasa Ramadhan yang dilakukan oleh umat muslim selama 30 hari memang penuh makna, selain menunaikan rukun Islam ke-3 puasa pun memilki manfaat bagi kesehatan. Di bulan suci ini umat Islam melakukan ibadah yang amat mulia,menumbuhkan empati dan kesadaran sosial melalui infak dan sedekah, menempa diri dengan meredam amarah serta mengekang hawa nafsu. Puasa pun menjadi ibadah yang paling nikmat dilakukan oleh semua umat muslim di dunia.

Manfaat puasa ditinjau dari aspek  kesehatan sesuai dengan hadits riwayat Thabrani menjelaskan bahwa “Berpuasalah kamu niscaya akan sehat” kutipan hadis tersebut dibuktikan dengan hasil-hasil penelitian bahwa dengan berpuasa akan mengurangi produksi senyawa oksigen yang bersifat racun atau radikal bebas. Radikal bebas oksigen yang berlebihan di dalam tubuh akan mengurangi aktivitas kerja enzim yang akan menyebabkan terjadinya mutasi dan merusak dinding sel. Berakibat pada timbulnya beberapa penyakit degeneratif seperti stroke dan jantung koroner.

 

Manfaat Puasa di Bulan Ramadhan Bagi Kesehatan Manusia

Selain dari sisi religi, puasa ramadhan dari sudut kesehatan pun memiliki banyak manfaat. Dalam perkembangan dunia kesehatan, puasa sebagai terapi untuk mengatasi gangguan kesehatan semakin banyak diteliti. Para peneliti mengaitkan puasa dengan tujuan mengendalikan stress juga penyakit lain seperti hipertensi, kardiovaskuler, ginjal juga kanker.

Beberapa manfaat puasa ramadhan yang bisa dipetik antara lain memberi kesempatan pada alat pencernaan untuk beristirahat, membersihkan tubuh dari racun dan kotoran yang menumpuk dan merusak kesehatan, menyeimbangkan asam basa tubuh, memperbaiki fungsi hormon yang diperlukan dalam berbagai proses fisiologis dan biokimia tubuh, serta meremajakan sel –sel tubuh.

Peremajaan sel-sel tubuh saat puasa ramadhan organ pencernaan dan organ lainnya berada dalam posisi rileks sehingga kesempatan untuk memperbaiki selsel yang rusak juga menjadi lebih baik, selain itu fungsinya juga lebih meningkat.Hasilnya, ibadah puasa tuntas, tubuhpun jadi lebih sehat.

Selama berpuasa lebih kurang 14-15 jam tubuh tidak mendapat suplai makanan dari luar. Para ahli mengatakan selama waktu tersebut tubuh akan menggunakan cadangan energi yang masih cukup untuk melakukan aktifitas, yaitu glikogen yang berasal dari makan yang mengandung karbohidrat.

manfaat puasa ramadhan

Beberapa Hikmah Sahur & Berbuka Puasa Ramadhan

Siasati puasa Ramadhan dengan sahur dan berbuka yang tepat agar hari-hari yang dijalani saat berpuasa tetap bermakna. Tips-tips berikut kiranya dapat digunakan :

Sahur

  • Makan sahur jangan berlebihan
  • Makan dengan menu beragam & gizi yang cukup
  • Hindari mengonsumsi makanan instant
  • Kurangi makanan yang mengandung garam tinggi
  • Minum air putih yang cukup saat sahur dan menjelang imsak
  • Hindari minum manis berlebihan
  • Minum food supplement

Berbuka Puasa

  • Berbukalah dengan kurma & air putih
  • Hindari minuman dingin / es / minuman bersoda
  • Makan bertahap & perlahan
  • Beri waktu 0.5-1 jam sebelum menyantap hidangan utama
  • Bagi penderita sakit lambung hindari makanan: Ketan,mie,sayuran mentah berserat,bumbu yang tajam., karena dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Jika berpuasa itu menyehatkan tubuh dan jiwa, bukankah sebakinya kita laksakan puasa ramadhan tahun ini dengan khusu dan penuh kecintaaan kepada Allah untuk meningkatkan kualitas hidup kita ?

 

Belum ada Komentar untuk Manfaat Puasa Ramadhan Untuk Sehat Jasmani dan Rohani

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Manfaat Puasa Ramadhan Untuk Sehat Jasmani dan Rohani

YRLAJT

8 Manfaat Masker Madu Untuk Wajah

T 5 May 2016 F A admin web-1

Wajah merupakan bagian tubuh yang dilihat pertama kali oleh seseorang saat berkomunikasi secara langsung. Oleh karena itu, wajah perlu mendapatkan perhatian khusus agar tetap terlihat sehat, halus, kencang dan bersih. Wajah yang nampak sehat, halus dan bersih dapat meningkatkan rasa... Selengkapnya

sombong

Tidak Sombong Dalam Keadaan Apapun

T 21 December 2015 F A admin web-1

Sombong adalah penyakit yang sering menghinggapi kita semua, benih-benihnya kerap muncul tanpa kita sadari. Di tingkat pertama, Sombong disebabkan oleh faktor materi. Kita merasa lebih kaya, lebih rupawan, dan lebih terhormat daripada orang lain. Di tingkat kedua, Sombong disebabkan oleh... Selengkapnya

lebaran yatim

Makna Kewajiban Zakat Fitrah Bagi Umat Islam

T 2 August 2013 F A Sekretariat Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Zakat Fitrah merupakan zakat yang disyari’atkan dalam agama Islam yang dikeluarkan seorang muslim di akhir bulan Romadhon, dalam rangka menampakkan rasa syukur atas nikmat-nikmat Allah dalam berbuka dari puasa Romadhon dan penyempurnaannya. Oleh karena itu dinamakan shodaqoh fitrah atau zakat... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kesekretariatan kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasakami.

Foreign Visitor

Flag Counter

Kunjungan Hari Ini

Kreasi Cipta Yatim

Slideshow