Beranda » Info Kesehatan » Manfaat Pisang Baik Untuk Ibu Hamil

Manfaat Pisang Baik Untuk Ibu Hamil

T Diposting oleh pada 20 May 2016
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 234 kali

Kita semua sudah mengetahui bahwa setiap jenis buah-buahan mempunyai kandungan nutrisi, berupa vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya adalah pisang. Pisang merupakan buah yang mempunyai kandungan nutrisi melimpah seperti potassium, vitamin A, asam folat, vitamin B kompleks, serat, kalium, kalsium, magnesium, zat besi dan lain sebagainya. Berkat semua kandungan di dalamnya, pisang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.
Tak hanya itu saja, pisang juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Semua asupan yang terdapat di dalam buah pisang mempunyai kemampuan untuk mengatasi dan mencegah gangguan penyakit pada ibu hamil. Untuk lebih jelasnya, ketahuilah manfaat pisang untuk ibu hamil yang diambil dari hamil.co.id. Inilah sejumlah manfaat pisang untuk ibu hamil.

10 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil
1. Mengurangi Morning Sickness
Ibu hamil biasanya akan sering merasa mual dan muntah di pagi hari, terutama pada trimester kehamilan pertama. Kondisi tersebut disebut dengan nama morning sickness, untuk menguranginya dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah pisang.
2. Membantu Perkembangan Syaraf dan Otak Janin
Kandungan asam folat yang terdapat di dalam buah pisang berfungsi untuk membantu proses perkembangan syaraf dan otak janin. Selain itu, asam folat juga berfungsi untuk mencegah terjadinya bayi lahir prematur dan lahir cacat.
3. Mengatasi dan Mencegah Penyakit Anemia
Salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami oleh ibu hamil adalah anemia atau kurang darah. Anemia akan memberikan resiko buruk pada ibu hamil dan janinnya karena akan menyebabkan terjadinya komplikasi pada proses persalinan dan setelahnya. Untuk mengatasi dan mencegah penyakit anemia, dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pisang karena di dalamnya terdapat kandungan zat besi yang berperan untuk memproduksi sel-sel darah merah.
4. Mengatasi Masalah Gangguan Pencernaan
Di dalam buah pisang terdapat kandungan serat yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah gangguan pencernaan ibu hamil, seperti sembelit, susah buang air besar dan wasir. Selain itu, kandungan serat di dalamnya juga berperan untuk menyehatkan organ-organ pencernaan.

pisang
5. Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan
Kandungan serat serta komponen mineral yang terdapat di dalam buah pisang seperti, kalium, kalsium dan magnesium berperan untuk meningkatkan proses metabolisme sehingga dapat berlangsung lebih cepat dan dapat menurunkan berat badan setelah melahirkan.
6. Menambah Energi
Pada umumnya, seorang ibu hamil cepat merasa lelah dan lemas saat beraktivitas. Jika tak ingin hal tersebut terjadinya, disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan. Mengkonsumsi pisang juga dapat dijadikan pilihan untuk menambah energi.
7. Menambah Nafsu Makan
Biasanya, ibu hamil akan cenderung susah untuk mengkonsumsi makanan. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasinya, yaitu dengan mengkonsumsi buah pisang. Kandungan berbagai nutrisi yang terdapat di dalam buah pisang dapat digunakan untuk menambah nafsu makan.
8. Mencegah Rasa Stres
Selain mengalami perubahan fisik dan hormon, ibu hamil juga akan mengalami perubahan emosi sehingga menjadi lebih emosional dan sensitif. Rasa buah pisang yang manis dan enak dapat digunakan untuk menenangkan pikiran sehingga dapat mencegah ibu hamil mengalami rasa stres.
9. Menjaga Kesehatan Tulang Ibu dan Janinnya
Buah pisang mempunyai kandungan kalsium yang cukup banyak. Kandungan kalsium tersebut mempunyai kemampuan untuk menjaga kesehatan tulang dan janin. Dengan kata lain, kalsium di dalam pisang dapat mencegah kelainan struktur tulang pada janin dan dapat mencegah terjadinya gangguan tulang pada ibu hamil.
10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau sistem ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi buah pisang agar terhindar dari ancaman penyakit dan gangguan pada janin.
Meskipun buah pisang mempunyai banyak manfaat untuk hamil, namun setiap ibu hamil harus tetap mengimbanginya dengan mengonsumsi aneka makanan hingga minuman bernutrisi tinggi, menjalankan pola hidup sehat, beristirahat secara teratur dan tidak malas untuk bergerak. Semua itu berguna untuk menyehatkan kondisi ibu hamil dan janinnya serta dapat melancarkan proses persalinan. Supaya tidak bosan mengkonsumsi buah pisang secara langsung, sebaiknya olahlah menjadi makanan yang menggugah selera makan.

Belum ada Komentar untuk Manfaat Pisang Baik Untuk Ibu Hamil

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Manfaat Pisang Baik Untuk Ibu Hamil

haid..

Ciri-ciri Haid Normal & Tidak Normal, Cek Dirimu..!

T 28 July 2016 F A admin web-1

Vemale.com – Duh, haidku normal nggak ya? Apakah siklus haidku ini wajar? Kalau haidnya telat beberapa hari, normal nggak sih? Nyeri haid ini masih dalam tahap wajar nggak? Ladies, pernah nggak kamu mengalami situasi yang bikin kamu cemas sendiri soal... Selengkapnya

detox sehat dan mudah

5 Cara Mendetox Tubuh Dengan Mudah

T 18 March 2016 F A admin web-1

Berikut adalah “Cara Mudah Mengeluarkan Racun di Tubuh”. Bantu tubuhmu mengeluarkan racun tanpa harus melakukan diet detoks. Yukk detox tubuhmu dengan sehat melalui cara dibawah ini ..   1. Minum air putih Setidaknya 2 liter setiap harinya, cara ini cukup... Selengkapnya

Daun_Singkong

Daun Singkong Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

T 12 April 2016 F A admin web-1

Penduduk asli negara Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan pohon singkong. Pohon singkong merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak ditanam oleh para petani di tanah air. Dari umbi hingga daunnya, tanaman ini dapat digunakan untuk kehidupan manusia. Umbi... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kesekretariatan kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasakami.

Foreign Visitor

Flag Counter

Kunjungan Hari Ini

Kreasi Cipta Yatim

Slideshow