Beranda » Info Kesehatan » Khasiat Bumbu Dapur Untuk Kesehatan Kita

Khasiat Bumbu Dapur Untuk Kesehatan Kita

T Diposting oleh pada 9 August 2016
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 219 kali

Selain berfungsi sebagai penyedap rasa masakan, aneka bumbu dapur ini berkhasiat juga untuk menjaga kesehatan tubuh dan bahkan mengobati penyakit. Khasiat ini telah dikenal sejak lama dan merupakan resep turun-temurun dari para orang tua kepada anak-anaknya, sebelum digunakannya obat-obatan dan dokter. Banyak sekali bumbu dapur yang juga telah dimanfaatkan dalam berbagai pengobatan tradisional di masyarakat. Diantaranya :

  1. Cabe

Cabai merupakan salah satu bumbu dapur yang disebut-sebut banyak memiliki manfaat untuk kesehatan manusia. Di antara beberapa manfaat cabai ialah sebagai pereda sakit demam, meredakan penyakit pilek dan hidung tersumbat, penyembuh luka, mencegah stroke, meringankan sakit kepala dan nyeri sendi, menurunkan kadar kolesterol, antibiotik alami serta dapat meningkatkan nafsu makan.

  1. Bawang Merah

Bawang merah telah ada sejak 3.500 SM di Mesir. Beberapa kandungan zat yang ada dalam bawang merah antara lain vitamin, zat pati, saponin, peptide, metilallin, dihidroallin, minyak atsiri, dan lainnya.

Sementara khasiat bawang merah sangat banyak sekali yakni untuk mengatasi batuk dan pilek pada bayi, mengatasi demam dan perut kembung pada anak-anak, melancarkan buang air kecil maupun besar, membunuh kuman, menormalkan sistem saraf usus, membantu kerja empedu, mengurangi tekanan darah tinggi, dan masih banyak lagi.

  1. Bawang putih

Merupakan salah satu anggota keluarga bawang, bawang putih merupakan salah satu tanaman budidaya tertua dan memiliki sejarah yang kaya dalam penggunaan bidang kuliner dan pengobatan. Terbukti bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi trigliserida dan tekanan darah. Suatu senyawa alami dalam bawang putih dikenal sebagai allicin tampaknya bertanggung jawab untuk efek penurun kolesterol. Bawang putih merupakan sumber vitamin dan mineral seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, dan natrium.

Terdapat banyak sekali khasiat bawang putih, khasiat yang utama antara lain: memperbaiki kerja otak, menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu menghambat proses penuaanmengurangi resiko terkena kanker, membantu menurunkan kadar kolesterol, membantu mencegah penggumpalan darah, membantu meredakan stress, kecemasan, dan depresi, menghindarkan dari kemungkinan berpenyakit jantung, menyembuhkan tekanan darah tinggi, meringankan tukak lambung, menurunkan kolesterol dalam darah, meningkatkan insulin darah bagi penderita diabetes, sebagai penawar racun, membantu menambahkan nafsu makan apabila dimakan mentah dan berbagai khasiat lainnya.

  1. Jahe

Rempah yang sangat umum penggunaannya ini banyak dimanfaatkan baik untuk bumbu dapur maupun menjaga kesehatan tubuh. Bagi tukang jamu, jahe merupakan bahan wajib.

Rimpang jahe mengandung minyak atsiri, damar, mineral sineol, fellandren, kamfer, borneol, zingiberin, zingiberol, gigerol, zingeron, lipidas, asam aminos, niacin, vitamin A, B1, C dan protein.

Adapun khasiatnya dalam menjaga kesehatan antara lain: mengatasi penyakit seperti impoten atau lemah syahwat, batuk, pegal-pegal, sakit kepala, rheumatik, sakit pinggang, masuk angin, vitiligo atau bercak putih pada kulit karena kekurangan pigmen, cacingan, menghilangkan mual pada ibu hamil, mencegah mual setelah operasi, mencegah mabuk karena perjalanan, mengatasi sakit karena osteoartitis, gatal karena gigitan serangga.

  1. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu tanaman rempah yang telah umum digunakan, baik sebagai bumbu masakan, pewarna alami, kosmetika maupun untuk pengobatan. Beberapa kandungan kimia dari rimpang kunyit yang telah diketahui yaitu minyak atsiri sebanyak 6% yang terdiri dari golongan senyawa monoterpen dan sesquiterpen (meliputi zingiberen, alfa dan beta-turmerone), zat warna kuning yang disebut kurkuminoid sebanyak 5% (meliputi kurkumin 50-60%, monodesmetoksikurkumin dan bidesmetoksikurkumin), protein, fosfor, kalium, besi dan vitamin C.

Adapun khasiat kunyit dalam menjaga kesehatan antara lain: mengatasi berbagai jenis penyakit misalnya diabetes mellitus, tifus, usus buntu, disentri, sakit keputihan, menstruasi tidak lancar, perut mulas pada saat haid, memperlancar ASI, amandel, gusi bengkak, kaki bengkak dan kaki luka, obat radang hati, penyakit kulit, reumatik, dan khasiat lainnya.

  1. Pala

Pala adalah jenis rempah-rempah yang dihasilkan dari pohon pala atau dikenal dengan nama biologis Myristica fragrans. Pala termasuk salah satu rempah asli Indonesia. Biji pala akan dibungkus dengan cangkang yang keras dan renyah. Pala kering bisa menjadi bumbu atau obat dengan cara di tumbuk atau diparut.

  • Mencegah kerusakan gigi dan gigi berlubang.
  • Melawan pertumbuhan bakteri di dalam mulut dan gigi.
  • Melawan infeksi dalam tubuh.
  • Mengandung senyawa anti inflamasi yang bisa menurunkan resiko kanker dan melawan pertumbuhan tumor.

Cara Pemakaian : tambahkan pala dalam hidangan sup atau jenis masakan lain atau menambahkan pala dalam ramuan minuman.

  1. Lada Hitam

Lada hitam adalah jenis rempah butiran yang memiliki rasa kuat dan sedikit pedas. Tumbuhan lada banyak ditemukan di Indonesia dengan karakter tanaman merambat pada pohon yang lebih tinggi dan kuat. Tumbuhan lada mulai berbunga putih kemudian akan berkembang setelah usia tanaman lebih dari tiga tahun. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari lada hitam.

  • Membantu menurunkan tingkat kolesterol yang tinggi.
  • Membantu tubuh menghambat penyerapan kolesterol sehingga membuat kadar lemak tidak terlalu tinggi.

Cara Pemakaian : lada hitam bisa digunakan sebagai bahan campuran masakan dan biasanya akan menimbulkan aroma dan rasa yang kuat.

Cara Penyimpanan Rempah-Rempah

Rempah-rempah menjadi salah satu bahan yang paling sering ditemukan di dapur. Terkadang kita menggunakannya untuk memasak dan membuat aroma masakan menjadi lebih kuat. Berikut ini petunjuk penyimpanan rempah-rempah agar khasiatnya tidak berkurang.

  1. Jika Anda menyimpan jahe, kunyit, dan berbagai jenis rempah dalam bentuk akar maka bersihkan semua bagian tanah dari rempah-rempah tersebut.
  2. Simpan dalam bentuk kering dan jangan dimasukkan dalam kulkas.
  3. Jika Anda menyimpan rempah-rempah dalam bentuk bubuk sebaiknya segera pindahkan bubuk dari kemasan ke botol kaca. Simpan di tempat yang kering dan sejuk.
  4. Selalu lihat label kadaluarsa jika Anda membeli rempah-rempah dalam kemasan botol atau kemasan plastik.

Rempah-rempah menjadi salah satu produk alam yang menjadi komoditi besar di Indonesia. rempah-rempah mengandung bahan alami yang sangat efektif untuk menangani berbagai masalah kesehatan. Pastikan Anda menggunakan rempah-rempah alami yang masih segar untuk membantu pengobatan.

 

 

Belum ada Komentar untuk Khasiat Bumbu Dapur Untuk Kesehatan Kita

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Khasiat Bumbu Dapur Untuk Kesehatan Kita

kipas-angin

Bahaya Tidur Menggunakan Kipas Angin

T 10 November 2016 F A admin web-1

Cuaca panas seringkali membuat seseorang merasa gerah dan tidak nyaman, khususnya bagi anda yang tinggal di area perkotaan. Udara panas bukan hanya terjadi di siang hari, namun terjadi pula di malam hari. Dengan fakta tersebut, maka tidak heran jika banyak... Selengkapnya

kolestrol tinggi

Penyebab Kolesterol Tinggi Yang Dialami Kebanyakan Orang

T 24 July 2016 F A admin web-1

Tujuh penyebab kolesterol tinggi yang dialami kebanyakan orang seperti dilansir dari Health.com adalah: 1. Makanan sehari-hari Kolesterol umumnya berasal dari lemak hewani seperti daging kambing, meski tidak sedikit yang berasal dari lemak nabati seperti santan dan minyak kelapa. Beberapa makanan... Selengkapnya

manfaat-pola-hidup-sehat

Cara Menjalani Pola Hidup yang Sehat

T 19 October 2016 F A admin web-1

Cara Menjalani Pola Hidup Sehat yang Sehat Disini saya akan berbagi pengalaman bagaimana cara menjalani pola hidup sehat yang baik dan benar menurut berbagai sumber kesehatan yang ada sekarang. Langsung saja :

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kesekretariatan kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasakami.

Foreign Visitor

Flag Counter

Kunjungan Hari Ini

Kreasi Cipta Yatim

Slideshow