Beranda » Belajar Agama Islam » Kecantikan Wanita dalam Islam

Kecantikan Wanita dalam Islam

T Diposting oleh pada 18 September 2015
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 3436 kali
  • Wanita,, Yaa wanita adalah makhluk yang istimewa

Sebagai wanita umumnya selalu ingin tampil cantik dan menarik, karena wanita memang identik dengan kecantikan. Kecantikan itu relatif, tergantung dari cara pandang kita melihatnya. Mungkin kita sering menilai kecantikan wanita itu secara fisik, seperti artis bintang iklan kosmetik dan artis sinetron atau artis film. Lalu seperti apa sih makna cantik itu menurut islam?

Menurut buku Ensiklopedi kata-kata Al Qur’an AL Karim yang di keluarkan oleh Dewan Bahasa Arab,Kecantikan di maknai dengan keanggunan,kehalusan dan keelokan. Ada juga yang mengartikan kecantikan dalam kasad mata yaitu hal yang indah yang dapat membuat seseorang menjadi suka dan mencintai.

 

Kecantikan tidak hanya di berikan  kepada manusia saja tetapi kepada segala sesuatu di alam raya ini dari ciptaan ALLAH yang indah termasuk di dalamnya hewan dan tumbuhan.Bukan pada alam semesta dan isinya saja kecantikan dapat diberikan tapi juga kepada sifat manusia,akhlak dan tabiatnya serta tutur katanya yang indah. Islam adalah agama yang menyeru pada kecantikan dan keindahan. Dimana kecantikan itu berupa kecantikan maknawi yaitu kecantikan berupa jiwa,akhlak,sifat dan sikap.

Ketika ALLAH menyebut cantik Hiasan dalam Al Qur’an, ALLAH menyebut sebagai sifat bidadari: ”Di dalam surga-surga itu ada bidadari-bidadari yang baik-baik lagi cantik-cantik” (QS.Ar Rahman:70)

wanita sholehah

 

Kecantikan hiasan haruslah di dahului dengan kecantikan ”Khairaat” agar kita wanita tahu bahwa seorang wanita yang baik adalah wanita yang memiliki kecantikan sifat dan akhlak lebih baik dari pada wanita yang memiliki kecantikan fisik dan rupa semata. Secara ringkas dapat dikatakan bahwa dalam Al Qur’an ALLAH tidak memberikan patokan khusus pada kecantikan fisik dan rupa bagi wanita ataupun pria.

Seperti pada Hadits Rasulullah berikut ini: ”Sesungguhnya ALLAH tidak melihat kepada bentuk rupa dan harta kalian,tapi ia melihat hati dan amal kalian” (HR.Muslim,Ahmad dan Ibnu Majah)

Dalam Hadits lain Rasulullah mengatakan bahwa wanita shalehah adalah sebaik-baik perhiasan dunia. Dari Amr ibnu ra : ”Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhisannya adalah wanita shalehah” (HR.Muslim,Ibnu Majah dan An Nasai)

Jadi kecantikan dalam Al Qur’an dan Islam bukan di lihat pada kecantikan fisik dan Rupa semata tapi lebih pada kecantikan Sifat,tabiat,kebaikan hati dan akhlak seorang wanita. Wanita tidak perlu takut tidak cantik karena setiap wanita itu cantik dan indah apabila mempunyai akhlak yang indah pula,buat apa rupa dan fisik kita cantik tapi hati tidak cantik karena kecantikan fisik dan rupa akan hilang seiring waktu dan usia berlalu terkecuali bagi yang Surgary mungkin kecantikannya bertahan tapi apa ada orang yang mau dengan yang palsu?
Bagi wanita yang masih sendiri, definisi cantik dalam Islam memang dijelaskan dengan sangat jelas. Seorang wanita yang cantik dalam Islam adalah wanita yang bisa menjaga dirinya sendiri. Artinya wanita tersebut harus bisa menjaga penampilannya baik penampilan luar dan dalam. Untuk terlihat cantik sebenarnya seorang wanita harus bisa membersihkan diri dan merawat apa yang diberikan oleh Allah kepada dirinya.

Wanita yang masih sendiri tidak boleh mengumbar bagian-bagian tubuhnya apalagi pada orang yang bukan merupakan pasangannya. Ini hukumnya haram. Definisi cantik untuk wanita yang masih sendiri adalah wanita yang bisa membuat nyaman semua orang yang berada di sekitarnya. Artinya wanita ini mempunyai daya tarik tersendiri.

Dapat kita simpulkan bahwa wanita cantik menurut pandangan Islam meliputi:
1. Selalu menjaga kehormatannya. Artinya, ia senantiasa menutupi aset yang paling berharga.
2. Memiliki sikap malu. Malu disini bukanlah suatu hal yang dapat menghambat perkembangan dalam seorang muslimah. Tapi, malu disini yaitu sikap seorang muslimah yang selalu rendah hati dan tidak pamer.
3. Selalu bijaksana dalam menghadapi segala tantangan. Bersikap pandai dan mampu mencermati berbagai kemungkinan yang ada untuk menyelesaikan sebuah permasalahan.
4. Senantiasa bersabar dalam menghadapi segala rintangan dan tantangan.

Kecantikan Akhlak dan kebaikan hati tidak akan pernah hilang walau di makan waktu dan usia dia akan tetap abadi.

Bagaimana cara membangun pribadi wanita Islami tersebut? Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Pribadi wanita islami bisa dibangun pertama kali jika seorang wanita Islam memahami ajaran agamanya dengan baik dan melaksanakan perintah-perintah Allah SWT.

Ketaatan terhadap agama akan bisa mencerminkan kepribadian wanita islami yang baik sebab ibadah akan memberikan pengaruh terhadap cerminan akhlak prilaku yang ditampilkan.

2. Jilbab sebagai identitas wanita islami. Perbedaan utama seorang wanita Islam dengan yang bukan Islam terletak pada simbol-simbol yang dikenakannya, salah satunya adalah jilbab.

Saat kita bertemu dengan dua orang wanita yang satu mengenakan jilbab dan yang satunya lagi tidak memakai jilbab, maka kita sudah bisa menebak mana yang sosok wanita islami dan mana yang bukan wanita islami. Inilah fungsi dari simbol sebagai identitas seorang muslim.

3. Pribadi wanita islami diukur dari sejauh mana akhlak prilaku yang ia tampilkan sebagai buah dari pemahaman agamanya. Pribadi wanita islami memang harus dibangun melalui karakter akhwat islami yang baik.

Semoga Bermanfaat ..

Pencarian dari Google:

Belum ada Komentar untuk Kecantikan Wanita dalam Islam

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Kecantikan Wanita dalam Islam

sedekah1

Sedekah Yang Ikhlas Tidak Akan Membawa Kemiskinan

T 20 December 2015 F A admin web-1

Ketika anda didatangi pengemis, anda merogoh kantong dan mencari uang kecil. Jika tidak ada uang kecil di kantong, anda memeriksa dompet. Ada uang lima ribuan, uang sepuluh ribuan, dan uang dua puluh ribuan di dalam dompet tersebut. Anda mungkin berpikir... Selengkapnya

Pembagian Daging Qurban Kepada Anak Yatim & Dhuafa

QURBAN 1436 H Di YRLA-JT

T 26 September 2015 F , A admin web-1

Ibadah Qurban yang diperintahkan kepada umat nabi Muhammad SAW adalah ibadah yang mengacu kepada sejarah qurbannya nabi Ibrahim AS. Perintah mengorbankan anak yang dicintainya, nabi Ismail AS sebagai bukti kecintaan dan ketaatan kepada Allah SWt. Oleh karenanya, pelaksanaan ibadah qurban... Selengkapnya

Yuk Berwakaf

Wakaf Tunai Di Yayasan Rahmatan Lil Alamin Jak-Tim

T 25 March 2016 F , A admin web-1

Pengertian & Hukum Wakaf Tunai Menurut Para Ulama Sejak awal, perbincangan tentang wakaf kerap diarahkan kepada wakaf benda tidak bergerak sepert tanah, bangunan, pohon untuk diambil buahnya dan sumur untuk diambil airnya, sedang wakaf benda yang bergerak baru mengemuka belakangan.... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kesekretariatan kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasakami.

Foreign Visitor

Flag Counter

Kunjungan Hari Ini

Kreasi Cipta Yatim

Slideshow