Beranda » Kisah Inspiratif » Introspeksi Diri Dalam Merubah Perilaku Menjadi Lebih Baik

Introspeksi Diri Dalam Merubah Perilaku Menjadi Lebih Baik

T Diposting oleh pada 29 January 2015
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 685 kali

Introspeksi Diri adalah melihat ke dalam diri kita apa saja yang telah kita lakukan, atau lebih mudahnya adalah kegiatan untuk mengevaluasi diri dengan cara bercermin atas apa yang telah kita jalani. 

“Kenapa ya sekarang aku jadi kaya gini? Kenapa ya sekarang aku jadi tambah malas? Kenapa ya pikiranku ga gokus ? Kenapa ? Kenapa?”

Biasanya ini baik dilakukan saat kita merasa ada yang salah dari diri kita dan tidak semestinya. Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan, sehingga introspeksi sangat penting ! Introspeksi biasanya membutuhkan waktu untuk berfikir jernih dan harus bersedia mendengarkan masukan dan nasihat-nasihat dari orang lain, terutama orang yang lebih tua atau orang yang bisa kita percaya untuk memperbaiki kesalahan kita. Untuk introspeksi diri biasanya kita perlu menyendiri untuk berkaca ke dalam hati kita sendiri.

Yang bisa menilai diri kita adalah orang lain, kalau kita sendiri tentu saja menganggap diri kita selalu benar. Padahal belum tentu apa yang dimata kita benar, benar juga dimata orang lain. Untuk meminta masukan dan nasihat mungkin kita akan lebih nyaman dengan orang-orang terdekat kita yang memang benar-benar mengenal kita dan tidak akan menjerumuskan kita, seperti orang tua atau orang yang kita tuakan, sahabat, pokoknya orang yang mengerti tentang kita.

Introspeksi ini dilakukan agar kita dapat memperbaiki diri kita agar dapat terus berkembang dan tidak melakukan kesalahan yang sama terus menerus. Tidak lupa juga sambil banyak berdoa dan mendekatkan diri pada Tuhan, agar hati kita bisa lebih tenang dan dapat berintrospeksi dengan maksimal.

Diharapkan setelah introspeksi diri ini kita bisa menjadi pribadi baru yang lebih baik lagi dan tidak jatuh di lubang yang sama pula. Agar kita tau apa yang perlu kita benahi dan apa yang perlu kita kembangkan lagi dalam diri kita.

Maka .. ayo kita introspeksi diri kita masing-masing di malam Jum’at barokah ini, panjatkan doa-doa dari dalam hati kita .. insyallah ijabah dari Allah membuat kita menjadi lebih baik pada hari-hari yang kita jalani.

 

Pencarian dari Google:

Belum ada Komentar untuk Introspeksi Diri Dalam Merubah Perilaku Menjadi Lebih Baik

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Introspeksi Diri Dalam Merubah Perilaku Menjadi Lebih Baik

malas

Menjadi Miskin Karna Kebiasaan Malas

T 19 December 2015 F A admin web-1

Malas adalah sebuah penyakit yang harus dilawan karena kemalasan bisa mengakibatkan kemiskinan, naudzubillahimindzalik. Siapa yang mau jadi orang miskin, makanya islam melarang umatnya untuk bermalas  – malasan apapun alasannya. Pencarian dari Google:contoh dari miskin karena malas (1)

tidur

6 Kemungkinan Penyebab Anda Banjir Keringat Saat Tidur

T 16 December 2015 F , A admin web-1

Mungkin sebagian dari kita pernah terbangun dari tidur dengan kondisi badan basah berkeringat. Hal tersebut tampaknya terlihat normal dan biasa saja. Namun apabila terjadi berulang kali, ini bisa saja berkaitan dengan kondisi kesehatan tertentu, sehingga dibutuhkan peninjauan lebih lanjut. Kondisi... Selengkapnya

anak yatim..

Si Raja Minyak Yatim Yang Sukses

T 24 November 2015 F A admin web-1

Roman Abramovich namanya, dia adalah salah satu dari sekian anak yatim yang sukses. Masih muda sudah berlimpah harta. Itulah Roman Abramovich. Kekayaan raja minyak dari Rusia berusia 40 tahun itu, kini mencapai 18,7 miliar dolar AS, atau Rp 170,17 triliun.... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kesekretariatan kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasakami.

Foreign Visitor

Flag Counter

Kunjungan Hari Ini

Kreasi Cipta Yatim

Slideshow