Beranda » Info Kesehatan » Ciri-ciri Haid Normal & Tidak Normal, Cek Dirimu..!

Ciri-ciri Haid Normal & Tidak Normal, Cek Dirimu..!

T Diposting oleh pada 28 July 2016
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 402 kali

Vemale.com – Duh, haidku normal nggak ya?
Apakah siklus haidku ini wajar?
Kalau haidnya telat beberapa hari, normal nggak sih?
Nyeri haid ini masih dalam tahap wajar nggak?

Ladies, pernah nggak kamu mengalami situasi yang bikin kamu cemas sendiri soal haidmu? Mulai dari soal siklus hingga nyeri haid yang dirasa. Sebenarnya untuk mengetahui normal tidaknya haidmu, ada empat hal paling dasar yang bisa dijadikan patokan.

Dilansir dari boldsky.com, empat tanda ini bisa jadi jawaban bahwa haidmu sebenarnya normal. Yuk, cek yang kamu alami. Semoga sih kamu mendapatkan jawaban yang menenangkan hatimu.

1. Haid Berlangsung 2-7 Hari
Rata-rata seorang wanita mengalami haid sebanyak 500 kali sepanjang hidupnya. Karena kondisi tiap wanita berbeda, periode haid juga bisa tak sama masing-masing individu. Umumnya periode haid itu berlangsung 2-7 hari. Jadi kalau periode haidmu berlangsung antara 2 sampai 7 hari, hal itu masih dalam tahap normal, kok.
2. Siklus Haid antara 21-35 Hari
Tak usah panik jika haidmu bulan ini telat atau malah lebih cepat beberapa hari dari tanggal biasanya. Siklus haid wanita bisa bervariasi mulai dari 21 hari hingga 35 hari. Jadi kalau siklus haidmu masih di seputaran periode itu, semua masih bisa dibilang wajar.
3. Gumpalan Darah Haid
Mendapati gumpalan dalam darah haid? Kalau tidak menimbulkan rasa sakit dan jumlahnya tak banyak, kondisi ini masih dalam tahap normal. Penyebab munculnya gumpalan darah ini bermacam-macam. Salah satunya adalah karena jumlah darah yang dikeluarkan saat haid sangat banyak. Sehingga zat anti koagulan tak punya cukup waktu untuk bekerja. Akibatnya terjadilah gumpalan darah yang ikut terbawa keluar bersama darah haid yang encer.

haid..
4. Nyeri Haid
Normal dan wajar kok mengalami nyeri atau kram perut saat haid. Tubuh juga akan terasa gampang capek dan terasa tak nyaman. Tapi kalau rasa nyerinya tak tertahankan sampai bikin mual dan muntah-muntah, baiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
Kalau masih ada yang membuatmu ragu soal haid dan siklusmu, sebaiknya memang segera menghubungi dokter, Ladies. Apalagi kondisi tiap wanita bisa berbeda, jadi siklus dan pengalaman haid pun bisa tak sama masing-masing individu.

INFO KESEHATAN WANITA

Haid Tidak Normal

Normalnya, pendarahan menstruasi berlangsung sekitar empat hingga tujuh hari dengan jumlah darah yang keluar lebih kurang 2-8 sendok makan. Seperti ditulis Sri Noor Verawaty dan Liswidyawati Rahayu, S.Si. dalam bukunya ‘Merawat & Menjaga Kesehatan Seksual Wanita’, satu siklus menstruasi rata-rata 28 hari, namun jika terjadi antara 24-35 hari masih masuk dalam kategori normal.

Baca juga ( 5 Cara Mengatasi Menstruasi Bermasalah )
Siklus tersebut pun bisa berubah-ubah dari bulan ke bulan atau bisa tetap. Beberapa penyebab tidak teraturnya siklus menstruasi antara lain karena stres, penyakit tertentu, gizi buruk atau olahraga yang berlebihan. Meskipun siklus menstruasi yang tidak teratur biasanya dianggap normal, ada hal-hal yang perlu diwaspadai jika ada perubahan yang cukup signifikan. Menstruasi seperti apa yang perlu dikhawatirkan dan segera diperiksakan ke dokter? Sri dan Liswidyawati menguraikan 10 tanda-tanda menstruasi yang tidak normal.
1. Jika usia sudah mencapai 16 tahun tapi belum juga mengalami menstruasi pertama.
2. Periode menstruasi Anda yang biasanya ada tiba-tiba berhenti, padahal tidak hamil.
3. Pendarahan menstruasi berlangsung terlalu lama, hingga lebih dari 7 hari.
4. Panjang siklus menstruasi terpisah lebih lama dari 35 hari atau kurang dari 21 hari, terhitung sejak hari pertama pendarahan menstruasi terjadi hingga ke hari pertama pendarahan di siklus berikutnya.
5. Pendarahan menstruasi sangat banyak hingga Anda harus mengganti pembalut setiap 1 hingga 2 jam sekali.
6. Ada pendarahan yang terjadi di luar jadwal menstruasi biasanya (misalnya siklus menstruasi sudah selesai, namun dua atau tiga hari berikutnya terjadi pendarahan lagi).
7. Mengalami kram berat secara mendadak yang tidak seperti biasanya. Kondisi ini umumnya dialami 50 persen wanita selama 1 atau 2 hari saat menstruasi.
8. Mengalami periode menstruasi yang tidak teratur padahal Anda belum memasuki masa perimenopause (menjelang menopause).
9. Tidak mengalami periode menstruasi selama tiga bulan berturut-turut atau lebih, padahal Anda belum memasuki masa perimenopause.
10. Tidak mengalami periode menstruasi sama sekali padahal Anda masih berada di tahun-tahun reproduksi dan belum menopause.

Jaga kesehatan organ intimu Girls..

Semoga Bermanfaat…

Pencarian dari Google:

Belum ada Komentar untuk Ciri-ciri Haid Normal & Tidak Normal, Cek Dirimu..!

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Ciri-ciri Haid Normal & Tidak Normal, Cek Dirimu..!

makanan-penurun-berat-badan

9 Makanan Untuk Menurunkan Berat Badan

T 21 February 2016 F A admin web-1

Turunkan Berat Badan Dengan 9 Makanan Ini Jika ingin menurunkan berat badan, maka salah satu hal yang harus anda lakukan adalah lebih mengatur porsi makan dan pintar-pintar menakar jumlah asupan kalori yang masuk dengan jumlah yang dibakar. Selain itu, mengonsumsi... Selengkapnya

pisang

Manfaat Pisang Baik Untuk Ibu Hamil

T 20 May 2016 F A admin web-1

Kita semua sudah mengetahui bahwa setiap jenis buah-buahan mempunyai kandungan nutrisi, berupa vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya adalah pisang. Pisang merupakan buah yang mempunyai kandungan nutrisi melimpah seperti potassium, vitamin A, asam folat, vitamin B kompleks,... Selengkapnya

kolestrol

Mengetahui Kolestrol Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Kita

T 20 September 2016 F A admin web-1

Apa Pengertian Kolesterol? Hal pertama yang perlu diketahui yaitu pengertian dari kolesterol, kolesterol merupakan lemak yang berada dalam tubuh manusia dan diproduksi oleh organ hati. Ada dua jenis kolesterol yaitu LDL dan HDL. Masing-masing dari kolesterol ini berbeda LDL merupakan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kesekretariatan kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasakami.

Foreign Visitor

Flag Counter

Kunjungan Hari Ini

Kreasi Cipta Yatim

Slideshow