Beranda » Belajar Agama Islam » Cara Berwakaf di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jaktim

Cara Berwakaf di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jaktim

T Diposting oleh pada 5 April 2016
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 160 kali

Pengertian Wakaf
Secara etimologi, wakaf berasal dari perkataan Arab “waqf” yang berarti pada dasarnya berarti menahan, berhenti, atau diam. Sebagai satu istilah dalam syariah Islam, wakaf dapat diartkan sebagai penahanan hak milik atas materi benda untuk tujuan menyedekahkan manfaat. Jadi dapat disimpulkan bahwa wakaf bertujuan untuk memberikan manfaat atau harta yang diwakafkan kepada orang yang berhak dan dipergunakan sesuai dengan ajaran agama Islam.

Syarat Wakaf
Sebelum berlanjut ke syarat wakaf, ada beberapa rukun wakaf yang harus Anda penuhi sebelum memberikan wakaf, berikut ulasannya.

1. Orang yang berwakaf

Adapun orang yang mau mewakfkan hartanya harus memiliki beberapa syarat sebagai berikut ini :

Memiliki kuasa penuh atas harta yang akan diwakafkan.
Berakal sehat
Baligh
Mampu bertindak secara hukum
2. Benda yang diwakafkan

Dan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh benda yang akan diwakafkan.

Barang yang diwakafkan adalah barang berharga.
Pasti diketahui kadarnya
Harta yag diwakafkan memiliki pemilik.
Harta itu harus harta sendiri yang tidak memakan harta milik orang lain.
3. Orang yang menerima wakaf

Ada beberapa kriteria atau syarat untuk orang yang akan menerima wakaf diantaranya adalah muslim, orang yang berhak menerima wakaf, orang bodoh atau budak, dan untuk kepentingan agama Islam.

4. Ikrar wakaf

Sedangkan untuk ikrar wakaf harus diucapkan oleh orang yang ingin mewakafkan hartanya dengan mengucapkan ikrar wakaf secara tegas, mengerti maksudya dan bisa didengar oleh saksi.

5. Saksi

Dan saksi dalam wakaf pun memiliki syarat seperti sehat, muslim, berakal, baligh dan mengerti mengenai hukum wakaf.

Yuk Berwakaf

Macam-Macam Wakaf
Adapun beberapa macam wakaf yang perlu kalian ketahui, sebagai berikut.

1. Wakaf ahli

Untuk jenis yang pertama, adalah wakaf yang diperuntukkan bagi kepentingan dan jaminan sosial dalam lingkungan keluarga atau kerabat sendiri.

2. Wakaf khairi

Sedangkan untuk wakaf jenis kedua adalah yang bertujuan untuk kepentingan umum dan penggunaannya benar-benar untuk beribadah pada Allah.

Tujuan Wakaf
Ada beberapa tujuan wakaf yang bermanfaat untuk kaum muslim dan agama Islam yaitu.

1. Memperbanyak harta untuk kemaslahatan umum dan khusus sehingga menjadikan pebuatan manusia tidak terpotong pahalanya hingga kematian datang.
2. Pemberian wakaf itu merupakan sumber dari bersihnya hati yang tidak dicampuri oleh keraguan-keraguan, karena hal itu merupakan bukti danya kebaikan dan kedemawanan seseorang dengan rasa tulus dan ikhlas.
3. Memperluas semua jalan yang bersumber pada kecintaan orang yang memberikan harta.

Fungsi Wakaf
Wakaf berfungsi untuk mewujudkan potensi dan manfaat ekonomis harta benda wakaf untuk kepentingan ibadah dan untuk memajukan kesejahteraan umum.

Muwakif
Muwakif adalah orang memisahkan harta miliknya dengan niatan untuk diwakafkan .

Muwakif bisa berwakaf dalam bentuk benda seperti kendaraan, pasir, semen, batu bata, dll atau pun dalam bentuk sejumlah uang yang diniatkan pada program wakaf yang dihajatkan. Untuk program wakaf dengan sejumlah uang kami sebut dengan Wakaf Tunai . Pembayarannya bisa melalui cash/tunai atau melalui transfer ke rekening bank.

Yuk Berwakaf Di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur

Kemudian dalam satu firman-Nya, Allah SWT. mengatakan,” “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir. Pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi sesiapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS 2:261)

Program Wakaf yang kami gulirkan di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur, :

WAKAF PEMBANGUNAN ASRAMA YATIM, yakni program pengadaan asrama yatim untuk menampung dan membina anak-anak yatim binaan yayasan pada satu wadah asrama yatim.
WAKAF KENDARAAN, yakni program pengadaan kendaraan operasional untuk kegiatan yayasan, misalnya; motor/mobil operasional, mobil ambulan, mobil jenasah.
WAKAF TERNAK, yakni program meningkatkan kesejahteraan kaum dhuafa melalui program kerjasama peternakan dengan sistem bagi hasil.
WAKAF AIR BERSIH, yakni program pengadaan air bersih untuk masyarakat yang daerahnya kekurangan sarana air bersih untuk minum, memasak, mencuci, sarana wudhu, dll.

Informasi lengkap mengenai wakaf yang kami laksanakan silakan dibaca di halaman berikutnya di website ini.

Kami mengajak Bapak/Ibu/Sdr./i dapat ikut bersinergi pada program wakaf yang kami gulirkan, mengingat masih sangat banyak saudara-saudara kita kaum dhuafa dan anak-anak yatim yang masih kurang mendapatkan layanan pendidikan yang perlu kita bantu. Mumpung kita masih diberikan kelapangan waktu,usia, kesempatan, dan rejeki yang Allah berikan.

Sebelumnya kami ucapkan terimakasih atas perhatian, serta sinergi Bapak/Ibu/Sdr./i sekalian, kiranya Allah memberikan karomah dan kelancaran rejeki buat kita semua.

Belum ada Komentar untuk Cara Berwakaf di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jaktim

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Cara Berwakaf di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jaktim

lebaran yatim

Belajar Memahami Makna Zakat Sebagai Pembersih Jiwa Kita

T 9 July 2013 F A Sekretariat Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Zakat  secara bahasa (lughat), berarti : tumbuh; berkembang dan berkah (HR. At-Tirmidzi) atau dapat pula berarti membersihkan atau mensucikan .  Firman Allah dalam Surat At-Taubah : 103, “Ambillah zakat dari sebagian kekayaan mereka dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan... Selengkapnya

keistimewaan bulan syawal

Apa Sih Keistimewaan Bulan Syawal ? Yuk Disimak

T 16 July 2016 F A admin web-1

Apa yaa keistimewaan dibulan syawal, setelah romadhan pergi. Yuk Disimak penjelasannyaa Bulan Syawal merupakan bulan kesepuluh dalam penanggalan hijriah atau kalender Islam. Jika sebulan penuh kita telah berpuasa, maka bulan Syawal adalah bulan kemenangan bagi umat Islam. Bukan hanya istimewa... Selengkapnya

malam nisfu sya'ban

Nisfu Sya’ban Budaya Positif Menyambut Bulan Ramadhan

T 6 June 2014 F A Sekretariat Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Peringatan malam Nisfu Sya’ban dan mengkhususkan puasa pada hari tersebut, hingga saat ini masih membudaya di sebagian kaum muslimin. Padahal tidak ada satu pun dalil shahih yang dapat dijadikan sandaran. Memang ada beberapa riwayat tentang malam Nisfu Sya’ban berasal dari... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kesekretariatan kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasakami.

Foreign Visitor

Flag Counter

Kunjungan Hari Ini

Kreasi Cipta Yatim

Slideshow