Beranda » Belajar Agama Islam » Berkah Hujan dan Tips Mencegah Penyakit saat Hujan

Berkah Hujan dan Tips Mencegah Penyakit saat Hujan

T Diposting oleh pada 11 November 2016
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 88 kali

Tidak ada setetes air hujan yang membasahi bumi ini kecuali atas kehendak Allah. Ia merupakan rahmat Allah kepada bumi dan seisinya. Melalui hujan Allah menumbuhkan berbagai tanaman untuk memberi rezeki kepada umat manusia. Dalam al-Qur`an Allah berfirman:

وَنَزَّلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً مُّبَارَكاً فَأَنبَتْنَا بِهِ جَنَّاتٍ وَحَبَّ الْحَصِيدِ

وَالنَّخْلَ بَاسِقَاتٍ لَّهَا طَلْعٌ نَّضِيدٌ

رِزْقاً لِّلْعِبَادِ وَأَحْيَيْنَا بِهِ بَلْدَةً مَّيْتاً كَذَلِكَ الْخُرُوجُ

“Dan Kami turunkan dari langit air yang penuh berkah lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam, dan pohon kurma yang tinggi-tinggi yang mempunyai mayang yang bersusun-susun, untuk menjadi rezeki bagi hamba-hamba (Kami), dan Kami hidupkan dengan air itu tanah yang mati (kering). Seperti itulah terjadinya kebangkitan.” (Qaaf [50]: 9-11)

Pertama, Imam An Nawawi dalam al-Adzkar (1/182) berkata, “Dianjurkan untuk bersyukur kepada Allah atas curahan nikmat ini, yaitu nikmat diturunkannya hujan.”

Kedua, berdoa kepada Allah agar hujan tersebut membawa manfaat. Adalah Rasulullah ketika melihat hujan langsung berdoa: اَللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا (Ya Allah, jadikan hujan ini sebagai hujan yang membawa manfaat dan kebaikan.” (Riwayat Bukhari)

Ketiga, mengguyur sebagian badan dengan air hujan

Ketika hujan datang Rasulullah membasahi badannya dengan air hujan.

Dari Anas RA, dia berkata, “Hujan mengguyur kami beserta Rasulullah. Kemudian Rasulullah menyingkap sebagian bajunya sehingga hujan membasahi sebagian tubuhnya. Kami bertanya kepada beliau, ‘Wahai Rasulullah, mengapa engkau lakukan hal itu?’ Beliau menjawab, ‘Aku melakukannya karena hujan tersebut adalah rahmat yang baru saja diciptakan oleh Allah’.” (Riwayat Muslim)

Keempat, banyak berdoa

Doa Ketika HujanHujan merupakan salah satu tanda dikabulkannya doa seorang hamba. Dalam sebuah Hadits disebutkan bahwa Rasulullah bersabda,

“Carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan: [1] Bertemunya dua pasukan, [2] Menjelang shalat dilaksanakan, dan [3] saat hujan turun.” (Riwayat Imam Syafi’i dan Al Baihaqi)

Kelima, berdoa agar cuaca dicerahkan kembali

Apabila hujan turun dengan derasnya dan dikhawatirkan membawa mudharat, kita dianjurkan untuk berdoa kepada Allah agar cuaca dicerahkan kembali, sebagaimana Hadits riwayat Anas, dimana Rasulullah berdoa dengan lafadz:

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺣَﻮَﺍﻟِﻴْﻨَﺎ ﻭَﻻَ ﻋَﻠَﻴْﻨَﺎ،ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّﻋَﻠَﻰ ﺍْﻵﻛَﺎﻡِ،ﻭَﺍﻟﺠِْﺒَﺎﻝِ،ﻭَﺍْﻟﻈَﺮَﺍﺏِ،ﻭَﺑُﻄُﻮْﻥِ ﺍْﻷَﻭْﺩِﻳَﺔِ،ﻭَﻣَﻨَﺎﺑِﺖِ ﺍﻟﺸَّﺠَﺮِ

 

“Ya Allah, turunkanlah hujan di daerah sekitar kami, bukan di daerah kami. Turunkanlah hujan di perbukitan, pegunungan, di lembah-lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.” (Riwayat Bukhari dan Muslim)

Keenam, berdoa ketika mendengar petir yang mengkhawatirkan

 

Berikut Tips-Tips mencegah penyakit saat musim hujan

Musim hujan biasanya dapat membuat orang gampang sakit, maka dari itu kita harus menjaga diri kita agar terhindar dari penyakit. berikut adalah 7 Cara Mencegah Penyakit di Musim Hujan yang bisa anda ikuti:

  1. Siapkan Aksesoris Hujan

Cara yang paling efektif untuk tidak sakit selama musim hujan adalah dengan memakai perlengkapan hujan. Komponen utama dari perlengkapan hujan adalah payung, mantel hujan atau jaket bertudung, dan sepatu waterproof. Jika Anda memiliki satu set lengkap aksesoris hujan tersebut, kemungkinan untuk terserang sakit benar-benar berkurang. Memang agak ribet untuk dibawa-bawa, tapi Anda bisa meninggalkannya di sekolah atau loker kantor, jika tidak hujan.

  1. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C, sebagai obat untuk flu biasa, masih diperdebatkan oleh peneliti medis. Apa itu benar-benar mengurangi keparahan gejala dingin . Dengan pasokan yang sehat dari vitamin C dalam tubuh Anda, Anda akan menolak antibodi virus dingin lebih cepat. Beberapa dokter bahkan mengatakan bahwa vitamin C sebagai bentuk pencegahan dingin. Ingatlah senantiasa agar selalu membawa vitamin Anda.

  1. Kurangi Merokok

Merokok membawa keringanan sementara selama hari-hari yang dingin di musim hujan karena kepulannya membawa sejumlah kecil panas ke tubuh. Sayangnya, asap rokok melemahkan sistem pernapasan seseorang, yang merupakan wilayah masalah umum saat Anda sedang dibasahi air hujan. Sebaiknya, berhenti atau setidaknya meminimalkan merokok selama musim hujan sehingga daya tahan lebih baik.

  1. Segera Mandi ketika Anda kehujanan

Ketika mendengarnya, saran ini tampaknya terlalu mengada-ada. Jika Anda berpikir tentang hal ini dengan jelas, segera mandi setelah mendapatkan basah kuyup oleh hujan benar-benar masuk akal. Penyakit berkembang ketika tubuh Anda mengalami perubahan drastis pada suhu. Mandi menstabilkan suhu dingin yang dibawa oleh tetes hujan kemudian memberlakukan kembali perubahan secara bertahap ke suhu normal Anda begitu Anda mengeringkan diri Anda.

  1. Pilih tempat berteduh

Hujan cenderung mengejutkan orang, terutama mereka yang tidak siap. Setiap orang akan lari ke area tertutup yang terdekat untuk berlindung. Dalam kasus Anda, Anda bisa menjadi sedikit lebih selektif dan menuju langsung ke toko terdekat atau mini mart. Mereka sering memiliki perlengkapan hujan dan obat-obatan untuk pilek dan flu. Ambil semua yang Anda butuhkan dan berjalan dalam hujan dengan keyakinan.

  1. Gejala keluar keringat

Sebelum flu berkembang, Anda akan merasakan tubuh Anda melemah dan pikiran Anda berkabut. Anda dapat menghentikan gejala-gejala tersebut berkembang menjadi demam secara penuh melalui keringat. Tentu saja, yang terbaik dari keringat adalah melalui olahraga. Anda bisa jogging di sekitar wilayah rumah Anda ketika Anda mulai merasa dingin dan melakukan beberapa latihan dalam ruangan. Dengan demikian, Anda tidak hanya mendapatkan gejala keluar keringat, tetapi Anda juga akan lebih sehat dalam proses tersebut.

  1. Sup Panas

Mengkonsumsi semangkuk sup panas yang sehat, khususnya selama bulan-bulan musim hujan, suhunya akan memberikan tubuh Anda beberapa kehangatan, yang akan membantu Anda tahan terhadap hujan dan angin dingin di musim hujan lebih lama. Bagi orang-orang yang kehujanan, sup memberikan bantuan instan karena dasar hangatnya membersihkan dahak di rongga hidung dan tenggorokan secara umum. Hal ini juga membersihkan tubuh Anda karena membawa pergi bakteri dan produk sisa ke sistem ekskresi tubuh.

Semoga Bermanfaat …

Belum ada Komentar untuk Berkah Hujan dan Tips Mencegah Penyakit saat Hujan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Berkah Hujan dan Tips Mencegah Penyakit saat Hujan

hatii

Hati yang Keras dan Lalai

T 13 December 2015 F A admin web-1

Waspadalah dari hati yang keras (qoswah)!. Yakni kerasnya hati dan membeku sehingga nasihat pun tidak berpengaruh. Jika kematian disebut, ia tak merasa takut atau ngeri, begitu pula jika mendengar janji-janji Allah dan ancaman tentang keadaan akhirat. Rasulullah SAW juga bersabda,... Selengkapnya

Pengorbanan Seorang Ayah

Kisah Mengharukan Pengorbanan Seorang Ayah Untuk Anak Tercinta

T 24 September 2016 F A admin web-1

Selama ini kita hanya peka dengan pengorbanan seorang ibu untuk anaknya. Padahal tidak hanya seorang ibu yang rela berkorban demi anaknya, tetapi seorang ayah pun juga bisa melakukan hal tersebut layaknya kasih sayang seorang ibu. Seperti  kisah pengorbanan ayah untuk... Selengkapnya

doa

Hakikat Hidup Pada Manusia

T 13 December 2015 F A admin web-1

Berbicara masalah hakekat hidup sebenarnya membutuhkan rincian yang sangat panjang dan terinci. Namun secara ringkas, hakikat hidup bisa terungkap dari pernyataan Ali bin Abi Thalib. Menurutnya, awal kehidupan adalah tangisan, pertengahannya adalah ujian dan ujungnya adalah kefanaan. Ketika anda lahir... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kesekretariatan kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasakami.

Foreign Visitor

Flag Counter

Kunjungan Hari Ini

Kreasi Cipta Yatim

Slideshow