Beranda » Belajar Agama Islam » Al-Quran Menjawab Keluhan Manusia

Al-Quran Menjawab Keluhan Manusia

T Diposting oleh pada 24 August 2015
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 738 kali

Apa itu Al-Quran ???

Al-Qur’an berasal dari bahasa Arab yang berarti “bacaan” atau “sesuatu yang dibaca berulang-ulang”. Kata Al-Qur’an adalah bentuk kata benda (masdar) dari kata kerja qara’a yang artinya membaca. Konsep pemakaian kata ini dapat juga dijumpai pada salah satu surat Al-Qur’an sendiri yakni pada ayat 17 dan 18 Surah Al-Qiyamah yang artinya:

“Sesungguhnya mengumpulkan Al-Qur’an (di dalam dadamu) dan (menetapkan) bacaannya (pada lidahmu) itu adalah tanggungan Kami. (Karena itu,) jika Kami telah membacakannya, hendaklah kamu ikuti bacaannya”. (Al-Qiyāmah 75:17-18)

^ “Al Quran ini adalah pedoman bagi manusia, petunjuk dan rahmat bagi kaum yang meyakini.” (Al-Jatsiyah 45:20)

^ “Al Quran ini adalah penjelasan yang sempurna bagi manusia, dan supaya mereka diberi peringatan dengan-Nya, dan supaya mereka mengetahui bahwasanya Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan agar orang-orang yang berakal mengambil pelajaran.” (Ibrahim 14:52)

Namun kadang-kala manusia itu suka mengeluhkan apa yang terjadi pada hidupnya, padahal sudah jelas Al-Quran itu sebagai Pedoman bagi Manusia.

 

Mari simak Tanya Jawab berikut antara Manusia dan Al-Quran :

  1. Manusia bertanya : Ya Allah mengapa aku di uji ???

QUR’AN MENJAWAB:

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan saja mengatakan,”Kami telah beriman”, sedangkan mereka tidak diuji? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.”

[Surah Al-Ankabut ayat 2-3].

  1. Manusia bertanya : Mengapa ujianku seberat ini?

QUR’AN MENJAWAB:

“Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya,” [Surah Al-Baqarah ayat 286].

  1. Manusia bertanya : Mengapa aku tak dapat apa yang aku idam-idamkan???

QUR’AN MENJAWAB:

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.”

[Surah Al-Baqarah ayat 216].

  1. Manusia bertanya : Mengapa aku merasa frustasi ???

QUR’AN MENJAWAB:

“Janganlah kamu bersikap lemah. dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi derajatnya, jika kamu orang-orang yang beriman.”

[Surah Al-Imran ayat 139].

Al-Quran Pedoman Hidup Ku

 

 

  1. Manusia bertanya : Bagaimana aku harus menghadapinya ???

QUR’AN MENJAWAB:

“Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan jalan sabar dan mengerjakan shalat; dan sesungguhnya shalat itu amatlah berat kecuali kepada orang-orang yang khusyu” [Surah Al-Baqarah ayat 45].

  1. Manusia bertanya: Apa yang aku dapat dari pada semua ini???

QUR’AN MENJAWAB:

“Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mu’min, diri, harta mereka dengan memberikan syurga untuk mereka.” [Surah At-Taubat ayat 111].

  1. Manusia bertanya : Kepada siapa aku berharap???

QUR’AN MENJAWAB:

‘Cukuplah Allah bagiku, tidak ada Tuhan selain dari-Nya. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal.” [Surah At-Taubat ayat 129].

  1. Manusia  : Aku tak tahan dengan semua ini !!!!!!

QUR’AN MENJAWAB:

“……dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah melainkan kaum yang kafir.” [Surah Yusuf ayat 12] .

  1. Manusia bertanya : Mengapa hati ini tidak tenang ???

QUR’AN MENJAWAB:

(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram. [QS. Ar Ra’d ayat 28].

 

Masih pantaskah kita mengeluh? semua sudah jelas dalam isi Al-Quran, mungkin karna kebanyakan kita tidak pernah mengkaji lebih dalam al-Qurannya, namun itulah bahwa benar Allah sangat sayang kepada makluknya…

Semoga bermanfaat.. 😀 😉 :*

Pencarian dari Google:

Belum ada Komentar untuk Al-Quran Menjawab Keluhan Manusia

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Al-Quran Menjawab Keluhan Manusia

Rezeki

Kiat-kiat Melapangkan Rezeki

T 27 November 2015 F A admin web-1

Misteri rezeki siapa yang tahu? Ada yang rezekinya berlimpah, ada pula yang sempit. Ada yang rezekinya berkah, ada pula yang tidak. Patut kita perhatikan bahwa Allah menciptakan kekayaan dan kecukupan. Dalam Al Qur’an, kata kekayaan dipasangkan dengan kecukupan, bukan kemiskinan.... Selengkapnya

dzakat fitrah

Zakat Fitrah Menyempurnakan Ibadah Puasa Ramadhan

T 15 July 2015 F A Sekretariat Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Zakat Fitrah  merupakan kewajiban setiap individu umat Muslim untuk membayar zakat pada penghujung bulan Romadhon berdasarkan nilai yang telah ditetapkan rosululloh. Dalam satu hadits dikatakan : “Dari Ibnu Umar Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam mewajibkan zakat fitrah... Selengkapnya

ad

Pandai Bersyukur itulah Kunci Bahagia

T 25 December 2015 F A admin web-1

Bersyukur karena mendapat kesenangan adalah watak khas seorang mukmin. Karena ia menyadari sepenuhnya bahwa tanpa Allah dirinya tidaklah berarti apa-apa. Kalau pun ia sedang mendapatkan rizki yang melimpah, jelas bukan karena usahanya semata, tetapi karena Allah-lah yang melapangkan rizkinya melalui... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kesekretariatan kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasakami.

Foreign Visitor

Flag Counter

Kunjungan Hari Ini

Kreasi Cipta Yatim

Slideshow